Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121725
Title: | Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa |
Authors: | SETIAWAN, Renal Heldi Nur |
Keywords: | Augmented Reality Android Bangun Ruang Sisi Datar Motivasi Belajar Siswa |
Issue Date: | 24-Jan-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Dalam pembelajaran matematika penggunaan media belajar terutama pada materi bangun ruang sisi datar masih menggunakan media konvensional yang kurang diminati dan dipahami oleh siswa, dari masalah tersebut maka peneliti ingin membuat media dengan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis android yang dapat menghasilkan objek 3D dengan tujuan agar siswa dapat memvisualisasikan dan bisa lebih mengerti konsep bangun ruang sisi datar. Aplikasi bangun ruang sisi datar (BARSITAR) ini dibangun menggunakan beberapa tools yaitu blender, unity 3D dan Vuforia. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan model pengembangan media pembelajaran 4D yang tersusun dari 4 langkah, adalah Define (Pendefinisian) pada tahap ini data diperoleh dengan melaksanakan wawancara pada pengajar pelajaran matematika di SMP Muhammadiyah 1 Jember, Design (Perancangan) dirancang menggunakan Star UML, Development (Pengembangan) ini dibuat dengan aplikasi Unity 2021, Disseminate (Penyebaran) diterapkan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Jember. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa aplikasi bangun ruang sisi datar (BARSITAR) layak dan dapat digunakan dengan baik oleh siswa SMP Muhammadiyah 1 Jember. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121725 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Skripsi_Renal Heldi Nur Setiawan.pdf Until 2028-05-03 | 5.58 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools