Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121672
Title: Wacana Humor Pada Akun Youtube Stand Up Kompas TV dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Ajar Teks Anekdot Di Kelas X SMA
Authors: SIAHAAN, Stella Renita
Keywords: Wacana Humor
Stand Up Comedy
Teks Anekdot
Youtube
Prinsip Humor
Topik Humor
Struktur Humor
Pemanfaatan
Materi Ajar
Issue Date: 29-Dec-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Melalui sebuah video stand up comedy yang diunggah ke dalam kanal Youtube, kritik dikemas dengan gaya humor yang menarik perhatian penonton. Umumnya, kritik memuat keresahan, isu-isu, fenomena aktual yang ada di masyarakat. Kritik yang disampaikan melalui stand up comedy dikemas dengan permainan kata yang membuat penonton dapat menerima pesan secara ringan namun tetap bermakna. Hasil dari penelitian ini kemudian dimanfaatkan sebagai alternatif materi ajar menganalisis kaidah kebahasaan teks anekdot dan menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan teks anekdot. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan topik, struktur, prinsip humor, dan pemanfaatan prinsip humor sebagai alternatif materi ajar teks anekdot. Rancangan penelitian yakni kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah analisis wacana dan pragmatik. Data dalam penelitian ini berupa tuturan stand up comedy yang ada dalam video akun Youtube Stand Up Kompas TV dengan viewers/penonton di atas 100 ribu pada tahun 2020-2023 yang dipilih sesuai dengan kebutuhan rumusan masalah. Sumber data adalah video yang terdapat dalam akun Youtube stand up kompas TV. Teknik pengumpulan data adalah Teknik dokumentasi (Simak-catat) dan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121672
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Stella Renita_180210402084.pdf
  Until 2028-03-16
1.1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools