Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121660
Title: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Berbasis Jumping Task Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer-Briggs |
Authors: | DEVI, Vindi Dwi Turseli |
Keywords: | jumping task kemampuan pemecahan masalah kepribadian MBTI langkah Polya |
Issue Date: | 26-Jan-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial berbasis jumping task ditinjau dari tipe kepribadian dimensi Myer-Briggs. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak empat siswa dari kelas VII-G SMP Negeri 5 Lumajang yang masing-masing mewakili tipe kepribadian dimensi Myer-Briggs diantaranya guardian, artisan, rational, dan idealist.. Instrument yang digunakan adalah soal tes kemamuan pemecahan masalah matematika berbasis jumping task dan pedoman wawancara. Proses analisis jawaban siswa dalam menyelesaikan soal jumping task materi aritmetika sosial berdasarkan tahapan Polya meliputi memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan subjek dengan tipe kepribadian guardian mampu melalui semua tahapan Polya dengan baik, subjek dengan tipe kepribadian artisan hanya mampu melalui satu dari empat tahapan Polya yaitu memahami masalah, subjek dengan tipe kepribadian rational dan idealist dapat melalui tiga dari empat tahapan Polya yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121660 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Vindi Dwi Turseli Devi.pdf Until 2028-05-04 | 831.86 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools