Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121549
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | LAKSMANA, Faizal Dani | - |
dc.date.accessioned | 2024-06-19T02:32:00Z | - |
dc.date.available | 2024-06-19T02:32:00Z | - |
dc.date.issued | 2024-01-09 | - |
dc.identifier.nim | 201910301095 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121549 | - |
dc.description.abstract | Jember merupakan salah satu daerah pendidikan terbesar di Jawa Timur. Kondisi tersebut menyebabkan tingginya mobilitas masyarakat di Kabupaten Jember. Akan tetapi, kondisi tersebut belum didukung dengan sistem transportasi umum yang baik. Angkutan massal di kabupaten Jember masih banyak dijumpai permasalahan baik dari segi pelayanan ataupun pelaksanaan (Sulistyono et al., 2017). Untuk mewujudkan PP Nomor 74, 2014 dalam pasal 15 diperlukan perencanaan angkutan massal yang optimal seperti menggunakan Bus Rapid Transit (BRT). Perencanaan BRT dilakukan dengan cara menganalisis pergerakan menggunaan matriks asal tujuan untuk merencanakan rute angkutan dan mengacu pada SK.687/AJ.206/DRJ/2002 dalam perencanaan kinerja dan operasional angkutan serta penentuan tarif. Perencanaan juga meliputi analisis kelayakan investasi yang mencakup perhitungan NPV, IRR, PP, dan BEP. Dari hasil analisa perencanaan diperoleh rute terbaik menggunakan skenario 1 dengan 3 koridor yaitu Terminal Tawangalun-Stasiun Jember, Terminal Arjasa-Stasiun Jember, dan Terminal Pakusari-Stasiun Jember dengan waktu operasional dari pukul 05:00 WIB-21:00 WIB dengan total armada sebanyak 27 unit dan rata-rata headway selama 6,9 menit. Kebutuhan tarif/trip skenario 1 yaitu Rp. 5.477,84 pada load factor 70% dan Rp. 7.668,98 pada load factor 50%. Tarif yang ditetapkan sebesar Rp. 4.300,00 membutuhkan subsidi dari pemerintah. Hasil analisa investasi selama 10 tahun menghasilkan NPV bernilai Rp. 19.922.886.848,05 dan hasil analisis IRR rerata sebesar 30,39% sehingga investasi dinyatakan layak.. Kemudian diketahui masa pengembalian modal pada skenario rute 1 dengan rata-rata PP selama 3,1tahun, dan rerata BEP selama 6,1 tahun. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK | en_US |
dc.subject | Angkutan Massal | en_US |
dc.subject | Bus Rapid Transit | en_US |
dc.subject | Analisis Investasi | en_US |
dc.subject | Biaya Operasional Kendaraan | en_US |
dc.subject | Pembelian Layanan | en_US |
dc.subject | Matriks Asal Tujuan | en_US |
dc.title | Perencanaan Koridor Utama Angkutan Massal Berbasis Jalan DI Kawasan Perkotaan Jember | en_US |
dc.type | Other | en_US |
dc.identifier.prodi | S1 TEKNIK SIPIL | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T., IPM | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Tatang Maulana Maliq, S.T., M.T. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Mei_2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 19 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Engineering |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Tugas Akhir-201910301095-Faizal Dani Laksmana_Watermark.pdf Until 2028-05-04 | 1.94 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools