Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121549
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorLAKSMANA, Faizal Dani-
dc.date.accessioned2024-06-19T02:32:00Z-
dc.date.available2024-06-19T02:32:00Z-
dc.date.issued2024-01-09-
dc.identifier.nim201910301095en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121549-
dc.description.abstractJember merupakan salah satu daerah pendidikan terbesar di Jawa Timur. Kondisi tersebut menyebabkan tingginya mobilitas masyarakat di Kabupaten Jember. Akan tetapi, kondisi tersebut belum didukung dengan sistem transportasi umum yang baik. Angkutan massal di kabupaten Jember masih banyak dijumpai permasalahan baik dari segi pelayanan ataupun pelaksanaan (Sulistyono et al., 2017). Untuk mewujudkan PP Nomor 74, 2014 dalam pasal 15 diperlukan perencanaan angkutan massal yang optimal seperti menggunakan Bus Rapid Transit (BRT). Perencanaan BRT dilakukan dengan cara menganalisis pergerakan menggunaan matriks asal tujuan untuk merencanakan rute angkutan dan mengacu pada SK.687/AJ.206/DRJ/2002 dalam perencanaan kinerja dan operasional angkutan serta penentuan tarif. Perencanaan juga meliputi analisis kelayakan investasi yang mencakup perhitungan NPV, IRR, PP, dan BEP. Dari hasil analisa perencanaan diperoleh rute terbaik menggunakan skenario 1 dengan 3 koridor yaitu Terminal Tawangalun-Stasiun Jember, Terminal Arjasa-Stasiun Jember, dan Terminal Pakusari-Stasiun Jember dengan waktu operasional dari pukul 05:00 WIB-21:00 WIB dengan total armada sebanyak 27 unit dan rata-rata headway selama 6,9 menit. Kebutuhan tarif/trip skenario 1 yaitu Rp. 5.477,84 pada load factor 70% dan Rp. 7.668,98 pada load factor 50%. Tarif yang ditetapkan sebesar Rp. 4.300,00 membutuhkan subsidi dari pemerintah. Hasil analisa investasi selama 10 tahun menghasilkan NPV bernilai Rp. 19.922.886.848,05 dan hasil analisis IRR rerata sebesar 30,39% sehingga investasi dinyatakan layak.. Kemudian diketahui masa pengembalian modal pada skenario rute 1 dengan rata-rata PP selama 3,1tahun, dan rerata BEP selama 6,1 tahun.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIKen_US
dc.subjectAngkutan Massalen_US
dc.subjectBus Rapid Transiten_US
dc.subjectAnalisis Investasien_US
dc.subjectBiaya Operasional Kendaraanen_US
dc.subjectPembelian Layananen_US
dc.subjectMatriks Asal Tujuanen_US
dc.titlePerencanaan Koridor Utama Angkutan Massal Berbasis Jalan DI Kawasan Perkotaan Jemberen_US
dc.typeOtheren_US
dc.identifier.prodiS1 TEKNIK SIPILen_US
dc.identifier.pembimbing1Ir. Sonya Sulistyono, S.T., M.T., IPMen_US
dc.identifier.pembimbing2Tatang Maulana Maliq, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_Mei_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 19en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir-201910301095-Faizal Dani Laksmana_Watermark.pdf
  Until 2028-05-04
1.94 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools