Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121538
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNINGRUM, Afifah Putri Fathma-
dc.date.accessioned2024-06-19T01:53:51Z-
dc.date.available2024-06-19T01:53:51Z-
dc.date.issued2024-01-31-
dc.identifier.nim190910201087en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121538-
dc.description.abstractTugas akhir ini tentang “Perbandingan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Drive Thru Jalan Teratai dan Jalan Kalimantan Kabupaten Jember” diangkat berdasarkan latar belakang kurang maksimalnya beberapa program unggulan SAMSAT Jember, sehingga Kantor SAMSAT Jember membuat sebuah program dalam bentuk layanan cepat, dan mudah tanpa turun dari kendaraan yang disebut SAMSAT Drive Thru, dengan tujuan menghilangkan interaksi antara wajib pajak dengan calon dan dapat lebih memudahkan dalam pembayaran pajak tahunan. SAMSAT Drive Thru terletak pada dua lokasi dan selama program ini terlaksana terdapat perbedaan penilaian masyarakat terkait kualitas kedua lokasi tersebut berdasarkan ulasan google SAMSAT Drive Thru. Berdasarkan respon dari pengguna pelayanan tersebut maka diperlukan penelitian mengenai perbandingan kualitasnya. Penelitian ini bertujuan adalah untuk menjelaskan apakah terdapat perbedaan kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan antara SAMSAT Drive Thru Jl. Teratai dengan SAMSAT Drive Thru Jl. Kalimantan Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini konsep yang digunakan adalah konsep kualitas pelayanan. Paradigma yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling berupa accidental sampling, yaitu suatu metode penentuan sampel dengan mengambil responden yang kebetulan ada atau tersedia disuatu tempat sesuai dengan konteks penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan tidak terdapat perbedaaan anatar SAMSAT Drive Thru Jl. Teratai dengan Jl. Kalimantan. Jika dilihat dari hasil analisis data pada setiap dimensi kualitas pelayanan (dimension by dimension) uji hipotesis Mann Whiteny menunjukkan tiga dimensi tidak memiliki perbedaan secara siginfikan kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan antara SAMSAT Drive Thru Jl. Teratai dan SAMSAT Drive Thru Jl. Kalimantan. Tiga dimensi tersebut yaitu Reliability (kehandalan), Assurance (jaminan), Emphaty (empati) dengan masing-masing taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Terdapat dua dimensi yang memiliki perbedaan dengan nilai signifikansi kurang dari taraf siginifikansi 0,05 yaitu Tangible (Bukti Langsung) 0,002 dan Responsiveness (Daya Tanggap) 0,000.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama :Drs. Supranoto M.Si., Ph.D Dosen Pembimbing Anggota :Tree Setiawan Pamungkas S.A.P., M.PA.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectPembayaran Pajak Kendaraan Bermotoren_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectSamsat Drive Thru Jalan Terataien_US
dc.titlePerbandingan Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan di Samsat Drive Thru Jalan Teratai dan Jalan Kalimantan Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Supranoto, M.Si., Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Tree Setiaan Pamungkas. S.A.P., M. APen_US
dc.identifier.validatorKacung- 2 Februari 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 19en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Afifah Putri Fathma N_Repository.pdf
  Until 2028-04-11
2.31 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools