Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121467
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorROHMAN, M. Holilur-
dc.date.accessioned2024-06-13T07:18:46Z-
dc.date.available2024-06-13T07:18:46Z-
dc.date.issued2024-01-09-
dc.identifier.nim200210303007en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121467-
dc.description.abstractKeterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik saat ini masih tergolong rendah dikarenakan selalu menggunakan model konvensional pada saat pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Creativity Learning. Model pembelajaran Collaborative Creativity Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik, hal tersebut dikarenakan model ini menuntut seluruh peserta didik untuk ikut aktif dalam berdiskusi menyelesaikan masalah bersama kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran collaborative creativity learning terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar geografi SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Metode pemgumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor angket keterampilan kolaborasi peserta didik kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata sebesar 74,44% dan kelas eksperimen sebesar 80,83%. Rata-rata nilai hasil belajar kelas kontrol sebesar 49,17 dan kelas eksperimen sebesar 63,61. Hasil uji T-test keterampilan kolaborasi menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,002, dan hasil T-test hasil belajar menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hal tersebut maka terdapat pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Collaborative Creativity Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik, M.Si. Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCollaborative Creativity Learning Modelen_US
dc.subjectKeterampilan Kolaborasien_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectGeografien_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Collaborative Creativity Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_April_2024_26en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI REPOSITORY ROHMAN.pdf
  Until 2028-05-04
1.06 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools