Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121421
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWULANDARI, Rike Dwi-
dc.date.accessioned2024-06-13T01:57:02Z-
dc.date.available2024-06-13T01:57:02Z-
dc.date.issued2024-03-01-
dc.identifier.nim200210102054en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121421-
dc.description.abstractPembelajaran fisika merupakan salah satu pembelajaran dalam ilmu sains yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan analisis peserta didik terhadap fenomena yang ada di alam sekitar. Namun pada kenyataannya, guru masih mendominasi kegiatan pembelajaran dan sering memposisikan peserta didik sebagai obyek yang hanya dapat mendengar dan menerima materi saja sehingga menyebabkan aktivitas peserta didik masih agak pasif. maka guru fisika harus kreatif dalam memilih model pembelajaran yang inovatif berbasis teknologi informasi dengan pendekatan yang sesuai. Model inkuiri terbimbing merupakan salah satu jenis model pembelajaran yang memberikan peserta didik sebuah pengalaman untuk berpikir secara mandiri berbasis pendekatan saintifik dan bertujuan untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif. Pembelajaran melalui inkuiri terbimbing mampu membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif serta menemukan solusi dari suatu masalah. Penerapan model inkuiri terbimbing dapat dikombinasikan dengan teknologi salah satunya yaitu media Articulate Storyline 3. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan mengkaji pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Jember pada semester ganjil. Jenis penelitian ini adalah True Experimental dengan desain postest only control group. Sampel ditentukan dengan melakukan uji homogenitas terlebih dahulu, kemudian kelas dipilih menggunakan teknik undian dan diperoleh hasil yaitu kelas X PBL sebagai kelas eksperimen dan kelas X DKV sebagai kelas kontrol. Data hasil keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar fisika siswa diperoleh dari tes berupa postest kedua kelas. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan data postest. Nilai persentase rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 84,16% dan pada kelas kontrol sebesar 64,88%. Hasil analisis data keterampilan berpikir kreatif menggunakan uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0, 024 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar fisika siswa menggunakan data postest. Nilai persentase rata-rata postest hasil belajar fisika pada kelas eksperimen sebesar 81% dan pada kelas kontrol sebesar 67,22%. Hasil analisis data hasil belajar menggunakan uji Mann-Whitney U-test dan diperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar 0, 000 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar fisika siswa. Ranah kognitif yang dilatihkan saat pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 yaitu menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan menciptakan (C6). Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diperoleh, kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dan ada pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing disertai media Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar fisika siswa.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E. Pembimbing Anggota Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPenerapan Model Inkuirien_US
dc.subjectArticulate Storyline 3en_US
dc.subjectKeterampilan Berpikir Kreatifen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Disertai Media Articulate Storyline 3 terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Fisika Materi Energi dan Perubahannya pada Siswa SMKen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Fisikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Subiki, M.Kes., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 7 Mei 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 13en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rike Dwi Wulandari_200210102054.pdf
  Until 2028-04-11
7.17 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools