Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121395
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWAHYUNI, Esti Tri-
dc.date.accessioned2024-06-12T02:30:37Z-
dc.date.available2024-06-12T02:30:37Z-
dc.date.issued2024-03-19-
dc.identifier.nim200210104008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121395-
dc.description.abstractPembelajaran IPA saat ini harus mencerminkan pembelajaran abad 21 dimana salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki adalah komunikasi. Bentuk komunikasi yang dapat diterapkan pada pembelajaran IPA di SMP adalah argumentasi ilmiah yang memuat empat indikator yaitu claim, data, reasoning, dan rebuttal. Kemampuan argumentasi ilmiah dalam proses pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berpendapat dan menunjukkan sejauh mana pemahaman konsep ilmiah yang mereka kuasai terkait materi yang sedang dipelajari. Namun faktanya, kemampuan argumentasi ilmiah siswa dinilai masih rendah yang dikarenakan kurangnya media pembelajaran yang interaktif dan mengasah kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan media pembelajaran yang mendukung peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah, salah satunya yaitu E-LKPD berbasis socio-scientific issue yang mendorong siswa untuk saling berpendapat dan menunjukkan sejauh mana pemahaman konsep ilmiah yang mereka kuasai terkait materi yang didasarkan pada isu-isu sosial kontroversial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap analize, design, develop, implement, dan evaluate. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pada analisis validitas menggunakan lembar validasi yang dinilai oleh 3 validator untuk mengetahui kevalidan produk. Analisis kepraktisan menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh 3 observer. Analisis keefektifan dilakukan dengan tes berupa pretest dan posttest untuk mengetahui keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa yang diukur menggunakan N-gain, serta menggunakan anget respon siswa setelah selesai melaksanakan pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis socio scientific issue. Hasil dari analisis validitas E-LKPD berbasis socio scientific issue dengan menggunakan instrumen lembar validasi dari perhitungan rata-rata tiga validator menunjukkan bahwa persentase validitas E-LKPD sebesar 86,43% dengan kriteria sangat valid. Hasil dari analisis kepraktisan E-LKPD berbasis socio scientific issue dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan yang dilakukan oleh 3 observer memperoleh nilai rata-rata 85,17% dengan kriteria sangat praktis sehingga dapat dinyatakan terlaksana dengan baik. Hasil efektivitas E-LKPD berbasis socio scientific issue dilihat dari rata-rata pretest dan posttest menggunakan indikator kemampuan argumentasi ilmiah menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,61 yang termasuk dalam kategori sedang, artinya setelah menggunakan produk yang dikembangkan siswa mengalami peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah. Efektivitas produk yang dikembangkan juga ditentukan dari angket respon siswa terhadap E-LKPD mendapat respon yang positif dengan nilai sebesar 82,22% masuk ke dalam kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian yang dilakukan yaitu produk E-LKPD berbasis socio scientific issue untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP pada pembelajaran IPA menunjukkan hasil validitas dengan kategori sangat valid, sangat praktis serta efektif. Oleh karena itu, produk E-LKPD berbasis socio scientific issue dapat digunakan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah siswa SMP.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Supeno S.Pd., M.Si., M.C.E. Pembimbing Anggota Aris Singgih Budiarso S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengembangan E-LKPDen_US
dc.subjectSocio Scientific Issueen_US
dc.subjectKemampuan Argumentasi Ilmiahen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD Berbasis Socio Scientific Issue untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Pembelajaran IPA SMPen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Supeno S.Pd., M.Si., M.C.E.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso S.Pd., M.Pd., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 19 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 12en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository_Esti Tri Wahyuni_200210104008.pdf
  Until 2028-05-02
1.15 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools