Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121383
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFADHILAH, Isnur-
dc.date.accessioned2024-06-12T01:31:16Z-
dc.date.available2024-06-12T01:31:16Z-
dc.date.issued2024-03-26-
dc.identifier.nim190910201130en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121383-
dc.description.abstractTingkat kualitas pelayanan publik menjadi perhatian pemerintah mengingat semakin berkembangnya zaman, semakin tinggi pula tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang berkualitas. Oleh karena itu, aparatur negara memiliki kewajiban untuk menyediakan pelayanan publik yang cepat, efisien, dan meminimalisir terjadinya maladministrasi. Penelitian ini akan mendeskripsikan kualitas pelayanan dalam hal pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor lima tahunan di Kantor Bersama SAMSAT Soebandi Kabupaten Jember, pelayanan tersebut dinilai sangat penting karena berkaitan dengan kemudahan akses bagi masyarakat dalam memenuhi kewajibannya yakni membayar pajak atas kepemilikan kendaraan bermotor dan pelayanan administrasi perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sesuai pada Pasal 14 Peraturan POLRI Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor dan PERMENDAGRI Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor. Berdasarkan data dari LKIP Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Timur, penilaian Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) KB SAMSAT Soebandi pada tahun 2020 menduduki tingkat ketiga terendah dalam lingkup SAMSAT seJawa Timur dengan rekapitulasi nilai 87,30 kategori A (Sangat Baik). Pada Triwulan 1 tahun 2023, nilai IKM KB SAMSAT Soebandi mendapat kategori A dengan nilai 88,16. Namun, terlepas dari tingginya nilai IKM tersebut masih banyak permasalahan dan ketidakpuasan pengguna terhadap layanan yang diberikan oleh KB SAMSAT Soebandi terutama pada pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor lima tahunan. Hal tersebut dapat dilihat melalui ulasan google yang menunjukkan beberapa ulasan yang kurang puas dari pelayanan KB SAMSAT Soebandi. Adapunَّrumusanَّmasalahَّdalamَّpeneltianَّiniَّadalahَّ“Bagaimanaَّkualitasَّ pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor lima tahunan di Kantor Bersama SAMSAT Soebandiَّ Kabupatenَّ Jember?”َّ denganَّ tujuanَّ dariَّ penelitianَّ iniَّ adalahَّ “Untukَّ menganalisis dan mendeskripsikan kualitas pelayanan Pajak Kendaran Bermotor limaَّtahunanَّdiَّKantorَّBersamaَّSAMSATَّSoebandiَّKabupatenَّJember.” Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan penelitian deskriptif, responden dalam penelitian ini sejumlah 100 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling, untuk mengetahui kualitas pelayanan pembayaran PKB lima tahunan di KB SAMSAT Soebandi adalah dengan menggunakan model Service Quality (ServQual) yang menganalisis kualitas pelayanan melalui perhitungan selisih antara nilai persepsi dan nilai harapan, serta 5 dimensi kualitas pelayanan publik yang diambil dari model Service Quality oleh Zeithaml et al. dalam Hardiyansyah (2011) yaitu, Kehandalan (reliability), Daya Tanggap (responsiveness), Jaminan (assurance), Empati (empathy), dan Bukti Fisik (tangibles). Hasil perhitungan data dengan menggunakan model ServQual mendapatkan nilai kualitas pelayanan pembayaran PKB lima tahunan negatif sebagai berikut: Dimensi Kehandalan mendapat kategori Rendah dengan nilai -0,69. Dimensi Daya Tanggap mendapat kategori Rendah dengan nilai -0,21. Dimensi Jaminan mendapat kategori Rendah dengan nilai -0,44. Dimensi Empati mendapat kategori Rendah dengan nilai -0,85. Dimensi Bukti Fisik mendapat kategori Rendah dengan nilai -1,07. Nilai total kualitas pelayanan sebesar -0,65. Nilai ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor lima tahunan di KB SAMSAT Soebandi termasuk dalam kategori Rendah atau Tidak Baik dan belum sesuai dengan harapan masyarakat.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Si Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectPajak Kendaraan Bermotoren_US
dc.subjectKantor Bersama SAMSATen_US
dc.titleKualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Lima Tahunan di Kantor Bersama SAMSAT Soebandi Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Selfi Budi Helpiastuti, S.Sos., M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 12en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
1.3 SKRIPSI ISNUR REPOSITORY.pdf
  Until 2028-05-03
2.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools