Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121382
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorDENINTA, Yasmin Afra-
dc.date.accessioned2024-06-12T01:26:05Z-
dc.date.available2024-06-12T01:26:05Z-
dc.date.issued2024-03-13-
dc.identifier.nim190910201008en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121382-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dengan menganalisis kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi. Fenomena muncul karena adanya beberapa keluhan masyarakat terkait pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan di Mall Pelayanan Publik. Dibuktikan dari adanya hasil rekap data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang menunjukkan bahwa jumlah aduan sejak tahun 2020 hingga tahun 2023 terus meningkat. Hal tersebut disebabkan adanya beberapa hambatan dalam penginputan data sehingga masyarakat harus menunggu lebih lama untuk mendapat pelayanan, selain itu terdapat kesalahan penerbitan pada data kependudukan masyarakat sehingga masyarakat harus menunggu lebih ama agar data dapat di proses. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan jenis data kualitatif menggunakan penilaian kinerja menurut Pidd, dengan tiga dimensi yaitu Hasil Pelaksanaan Pekerjaan, Kompetensi, dan Tanggungjawab. Menurut peneliti tiga dimensi penilaian kinerja Pidd sesuai dengan fenomena yang terjadi pada kinerja pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat. Maka dari itu peneliti memilih teori dimensi penilaian kinerja menurut Pidd karena tiga dimensi tersebut mampu memberikan deskripsi sesuai dengan fenomena yang terjadi. Sehingga dapat diketahui bagaimana hasil pekerjaan yang telah dilakukan oleh pegawai pelayanan, kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, serta tanggungjawab yang ditunjukkan oleh pegawai terhadap pekerjaannya baik itu saat pelayanan berlangsung dan pelayanan sudah selesai. Hasil penelitian ini menunjukkan jika Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi dalam pelayanan adminstrasi kependudukan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi telah memenuhi dimensi kinerja sesuai dengan teori dari Pidd. Hasil pelaksanaan pekerjaan, aduan pelayanan dapat diatasi secara keseluruhan dibuktikan dari data yang telah diperoleh peneliti pada tahun 2020 diselesaikan 76 aduan, tahun 2021 diselesaikan 125 aduan, tahun 2022 diselesaikan 384 aduan, dan tahun 2023 diselesaikan 656 aduan. Pelayanan sudah dilakukan dengan menggunakan sistem quick service sehingga masyarakat tidak perlu menunggu terlalu lama, namun masih ada potensi untuk terjadinya human error lainnya yang bersangkutan dengan proses penginputan data masyarakat. Kompetensi, tingkat pendidikan telah sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi Nomor: 188/ 90 /Kep/429.113/2022 Tentang Standar Pelayanan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuwangi, yang menyebutkan bahwa tingkat pendidikan minimal adalah SMA. Pelatihan yang disebut dengan bimbingan teknis juga telah diikuti oleh petugas pelayanan administrasi kependudukan untuk mengembangkan kemampuannya dalam mengoperasikan sistem dan teknis dari pusat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tanggungjawab Pekerjaan, telah ditunjukkan apabila pegawai telah bertanggungjawab terhadap pekerjaaan yang dilakukannya dibuktikan dengan segera diperbaikinya data kependudukan masyarakat yang salah baik itu disebabkan oleh human error petugas maupun kesalahan dari masyarakat. Selain itu Tanggungjawab pekerjaan juga ditunjukkan dari laporan pertanggungjawaban atas pekerjaan yang telah diselesaikan petugas pelayanan.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Si Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Boedijono, M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectKinerja Pegawai Dinas Kependudukanen_US
dc.subjectPencatatan Sipilen_US
dc.subjectPelayanan Administrasi Kependudukanen_US
dc.subjectMall Pelayanan Publiken_US
dc.titleKinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Administrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Boedijono, M.Sien_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 April 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 12en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc.pdf
  Until 2028-05-03
2.11 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools