Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121357
Title: | Pengembangan Instrumen Penilaian Berbantuan Media Nearpod untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SMP |
Authors: | WIDAYANTI, Anis |
Keywords: | Pengembangan Instrumen Penilaian Berpikir Kreatif Nearpod Borg and Gall |
Issue Date: | 20-Mar-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan penting yang dibutuhkan siswa pada pembelajaran abad 21 saat ini. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif diharapkan mampu menghadapi serta mencari solusi dari berbagai persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari melalui ideide dari konsep yang telah ada atau pelajari sebelumnya. Namun faktanya, kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini berdasarkan hasil Global Creativity Index (GCI) yang menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa di indonesia tergolong rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan berpikir kreatif rendah yaitu kurangnya pemberian soal-soal yang mengarah ke berpikir kreatif. Dengan itu, diperlukan pengembangan instrumen penilaian yang mampu mengukur kemampuan berpikir kreatif agar siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian diatas untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dibutuhkan pengembangan instrumen penilaian yang diperuntukan dalam mengukur kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA di SMP. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas dari instrumen penilaian berbantuan media Nearpod untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model borg and gall yang terdiri dari 9 tahapan yaitu tahap analisis, tahap perencanaan, tahap desain produk, tahap validasi, tahap revisi, tahap uji coba produk awal, tahap revisi produk awal, tahap uji coba produk akhir dan tahap revisi produk akhir. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas instrumen penilaian Hasil validitas instrumen penilaian berbantuan media Nearpod untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa terdiri dari validitas ahli dan empiris. Validitas ahli dilakukan oleh tiga validator dengan persentase hasil sebesar 84,3 % yang termasuk dalam kategori valid. Validitas empiris terdiri dari validitas butir soal, reliabilitas dan tingkat kesukaran. Hasil validitas butir soal diperoleh 20 butir soal valid. Hasil reliabilitas diperoleh hasil 0,752 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil tingkat kesukaran diperoleh 15 soal sedang dan 5 soal mudah. Hasil uji kepraktisan instrumen penilaian berbantuan media nearpod mendapatkan persentase 94% yang termasuk kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas dari tes mendapatkan hasil 62% yang menunjukkan siswa memiliki kemampuan berpikir kreatif dengan kategori baik dan analisis angket respon siswa mendapatkan persentase 81% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh selama penelitian dapat disimpulkan instrumen penilaian berbantuan media nearpod yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan hasil dengan kategori valid, praktis dan efektif, Dengan demikian, produk instrumen penilaian berbantuan media nearpod yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses evaluasi untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa SMP pada pembelajaran IPA materi usaha, energi dan pesawat sederhana. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121357 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Anis Widayanti_200210104010_skripsi.pdf Until 2028-05-04 | 1.07 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools