Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121355
Title: Pengembangan Multimedia Interaktif melalui Google Sites Berbasis Kesenian Tradisional Jombang Untuk Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar
Authors: RAHMATTILAH, Layli Indah
Keywords: Pengembangan Multimedia Interaktif
Google Sites
Kesenian Tradisional Jombang
Issue Date: 22-Mar-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: . Multimedia interaktif melalui google sites merupakan media pembelajaran berbentuk elektronik yang dapat digunakan secara mandiri, dikemas secara menarik, dan interaktif. Pembelajaran yang efektif bagi peserta didik pada dasarnya dikaitkan dengan lingkungan sekitarnya, yakni kesenian tradisional daerahnya. Kesenian tradisional yang dikaitkan dalam pembelajaran memiliki tujuan, agar peserta didik mengenal, memahami, dan melestarikan nilai-nilai budayanya. Kesenian tradisional Jombang yang dikaitkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV unit 3 pembelajaran 1 yaitu pengenalan terhadap kesenian Wayang Topeng Jatiduwur, Sandur Manduro, Jaran Dor, Tari Remo Boletan, dan Besutan. Peserta didik belum mengenal secara mendalam tentang makna dari kesenian tradisional Jombang tersebut, maka perlu mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Alasan lainnya pengenalan kesenian tradisional Jombang sangat luas, sehingga kearifan lokal tersebut dipilih sebab sangat dekat dengan lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hal tersebut, maka dikembangkanlah multimedia interaktif melalui google sites Pendidikan Pancasila unit 3 pembelajaran 1 berbasis kesenian tradisional Jombang untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: (1) bagaimana proses pengembangan multimedia interaktif melalui google sites berbasis kesenian Tradisional Jombang untuk peserta didik Kelas IV Sekolah dasar; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan multimedia interaktif melalui google sites berbasis kesenian tradisional Jombang. Tujuannya yaitu: (1) untuk mengetahui proses pengembangan multimedia interaktif melalui google sites berbasis kesenian Tradisional Jombang untuk peserta didik Kelas IV Sekolah dasar; dan (2) untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan pengembangan multimedia interaktif melalui google sites berbasis kesenian tradisional Jombang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan Research and Development (R&D) model borg and gall. Tahapan dari penelitian ini yaitu: (1) penelitian pendahuluan; (2) merencanakan dan mengembangkan produk; (3) mengembangkan desain produk awal; (4) melakukan validasi desain produk; (5) merevisi desain produk awal; (6) melakukan uji coba penggunaan; (7) merevisi desain produk; (8) melakukan uji coba keefektifan; (9) produk final dan produk massal; dan (10) deseminasi produk dan implementasi. Proses dari pengembangan multimedia interaktif melalui google sites berbasis kesenian tradisional Jombang ini hanya menggunakan 8 tahapan, karena sudah menjawab permasalahan penelitian. Hasil dari penelitian pengembangan multimedia interaktif melalui google sites berbasis kesenian tradisional Jombang menghasilkan nilai validator didapatkan nilai 88,5. Keefektifan didapatkan dari hasil 𝑑𝑑𝑒𝑠𝑑 dan diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”sebesar 13,151>2,010 dan dilanjutkan dengan uji keefektifan relatif (ER) dengan hasil 62,4% yang dinyatakan ke dalam keefektifan tinggi dan kepraktisan mendapatkan skor 93,6 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil pengembanga multimedia interaktif melalui google sites berbasis kesenian tradisional Jombang ini dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid, efektif, dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121355
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository layli.pdf
  Until 2028-05-04
6.52 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools