Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121352
Title: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Disertai Video Animasi Terhadap Minat dan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Fluida Dinamis SMA
Authors: ARROSYIDAH, Qonita
Keywords: Model problem based learning
Video animasi
Minat belajar
Kemampuan berpikir kritis
Fluida dinamis
Issue Date: 22-Mar-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Pembelajaran fisika pada kurikulum merdeka termasuk dalam adaptasi dari kompetensi abad 21 yang menuntut siswa untuk lebih aktif dan mengembangkan keterampilan berpikirnya. Salah satu materi fisika yang perlu dipahami oleh siswa yaitu fluida dinamis karena sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Rendahnya minat dan kemampuan berpikir kritis akan berpengaruh terhadap nilai siswa yang disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang pasif sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri Klakah, siswa memberi pernyataan bahwa pembelajaran fisika masih menggunakan metode ceramah dan diskusi. Model pembelajaran PBL kurang diterapkan sebaik mungkin. Model pembelajaran Problem Based Learning disertai video animasi dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan minat dan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh signifikan penerapan model PBL disertai video animasi terhadap minat materi fluida dinamis pada siswa SMA; mengkaji pengaruh signifikan penerapan model PBL disertai video animasi disertai terhadap kemampuan berpikir kritis materi fluida dinamis pada siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan menggunakan group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Klakah pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek pada penelitian ini merupakan seluruh populasi yaitu kelas XI 5 dan XI 6 dengan masing-masing kelas terdiri atas 28 siswa. Kelas XI 5 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian yaitu wawancara, observasi, angket, tes (post-test), dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu uji analisis deksriptif statistik, uji normalitas dan uji hipotesis (independet sample t-test). Hasil analisis data minat siswa setelah dilakukan uji analisis statistik dekstiptif kemudian dilakukan uji normalitas yaitu data berdistribusi normal, sehingga dapat dilanjutkan dengan uji independent sample t-test. Hasil uji independet smple t-test pada minat diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 atau Sig.(2-tailed) 0,05. Maka pengambilan keputusan ditolak dan diterima. Sehingga, ada perbedaan signifikan minat antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah pembelajaran dilakukan. Bedasarkan hasil uji independent sample t-test pada nilai pre-test kemampuan berpikir kritis diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,558 atau Sig.(2-tailed) > 0,05. Sehingga, tidak ada perbedaan signifikan nilai pre-test kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum pembelajaran dilakukan. Hasil uji independent sample t-test pada nilai post-test kemampuan berpikir kritis diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,041 Sig.(2-tailed) 0,05. Pengambilan keputusan ditolak dan diterima. Sehingga, ada perbedaan signifikan nilai post-test kemampuan berpikir kritis kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah pembelajaran dilakukan. Bedasarkan analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan penelitian ini terdapat pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning disertai video animasi terhadap minat materi fluida dinamis SMA; terdapat pengaruh signifikan penerapan model Problem Based Learning disertai video animasi terhadap kemampuan berpikir kritis materi fluida dinamis SMA
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121352
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir.pdf
  Until 2028-05-04
1.1 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools