Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121299
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPRASETYAWATI, Riris-
dc.date.accessioned2024-06-11T03:07:00Z-
dc.date.available2024-06-11T03:07:00Z-
dc.date.issued2024-05-03-
dc.identifier.nim200210205067en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121299-
dc.description.abstractPendidikan anak usia dini penting untuk meningkatkan semua aspek perkembangan anak, salah satunya adalah perkembangan kreativitas. Diketahui kreativitas Indonesia menempati peringkat 115 dari 139 negara. Rendahnya kreativitas disebabkan lingkungan yang tidak mendukung ekspresi kreativitas anak. Kreativitas anak dalam berpikir kreatif dan menuangkan ide pada usia dini adalah tantangan yang perlu diatasi dan perlu ditingkatkan. Temuan permasalahan di TK Ilmu Al Qur’an Jember adalah kurangnya kreativitas anak kelompok B dalam mengeksplorasi berbagai media, berkreasi dengan imajinasinya, berpikir kritis dan variatif. Guru hanya meminta anak mengerjakan LKA sehingga penggunaan media tidak memadai untuk menstimulasi kemampuan kreativitas anak. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang dapat menstimulasi kreativitas anak salah satunya dengan menggunakan media loose parts, yang mengacu pada jenis media yang dapat dimanipulasi, dibongkar pasang, dan dipindahkan, sehingga memungkinkan pemanfaatannya dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Terdiri dari bahan alam, kayu, bambu, dan kemasan bekas. Bahan tersebut, baik dimanfaatkan secara individu ataupun bersama dengan benda lain, yang dapat menimbulkan kegembiraan dan menumbuhkan kreativitas anak-anak selama bermain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu pengaruh penggunaan media loose parts terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Ilmu Al Qur’an Jember. Kegiatan penggunaan media loose parts dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan model kuasi eksperimen dan memanfaatkan desain rancanagan Non-Equivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis thitung sebesar 6.534 dengan ttabel sebesar 2.008 (6.534 > 2.008). Kemudian uji signifikasi memperlihatkan angka sebesar 0,001 yang berarti (0,001 < 0,05). Sehingga dapat disimpulan bahwa penggunaan media loose parts berpengaruh positif terhadap kreativitas anak kelompok B di TK Ilmu Al Qur’an Jember.en_US
dc.description.sponsorshipAisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pd , Ahmad Afandi, M.Pd.Ien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Loose Partsen_US
dc.subjectKreativitas Anaken_US
dc.subjectTKen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Media Loose Parts Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Ilmu Al Qur'an Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Aisyah Nur Atika, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Afandi, M.Pd.Ien_US
dc.identifier.validatorrepo_Ratna_Juni_2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 11en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI RIRIS PRASETYAWATI 200210205067.pdf
  Until 2028-05-04
1.83 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools