Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121111
Title: | Pengembangan Modul Berbasis Permainan Emo-Demo untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Stunting Masyarakat |
Authors: | WARDANI, Veronica Diniarti Mulyana Kusuma |
Keywords: | Pengembangan Modul Permainan Emo-Demo Stunting Masyarakat |
Issue Date: | 18-Mar-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Desa Kemiri salah satu desa yang terletak di pegunungan Hyang, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Adapun permasalahan yang dihadapi yakni salah satunya tingginya putus sekolah dan pernikahan dini. Hal ini dikarenakan tingginya tradisi dan budaya bagi masyarakat desa, sehingga Sebagian besar anak yang terkena stunting. Rendahnya asupan gizi pada anak salah satunya yakni disebabkan karena perilaku makan yang tidak sehat. Sikap ibu saat memberi makanan anak yang tidak tepat merupakan faktor penting yang menimbulkan penyebab stunting. Dengan hal ini diperlukan upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki stunting adalah dengan mempebaiki sikap terhadap ibu , sehingga dapat memperbaiki perilaku makan anak. Hal ini menunjukkan pemahaman konsep stunting di Desa Kemiri masih rendah, maka perlu adanya edukasi masyarakat mengenai stunting dengan mengembangkan modul. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektivitas dari modul yang dikembangkan yakni modul berbasis permainan Emo-Demo untuk meningkatkan pemahaman konsep stunting masyarakat. Jenis penelitian yang dilakukan yakni penelitian pengembangan dengan menggunakan desain pengembangan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yakni Preliminary research (penelitian awal), Prototyping stage (perancangan), Assesment phase (penilaian). Teknik analisis data yang digunakan untuk mengukur validitas modul yakni menggunakan lembar validasi yang akan diisi oleh tiga validator ahli. Untuk mengukur kepraktisan modul berbasis permainan Emo-Demo dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan edukasi yang akan diisi oleh tiga observer. Dan untuk mengukur keefektifan modul berbasis permainan Emo-Demo melalui soal pre-test dan post-test yang mana nanti hasilnya akan dianalisis menggunakan n-gain untuk mengetahui peningkatannya. Hasil validitas modul berbasis permainan Emo-Demo mencapai rata-rata validitas sebesar 79,8% dari tiga validator ahli. Artinya modul yang dikembangkan mendapat kriteria valid pada aspek validasi isi, validasi penyajian, validasi bahasa dan validasi kegrafisan. Dengan begitu modul berbasis permainan Emo-Demo dalam kegiatan edukasi stunting layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan edukasi stunting masyarakat. Hasil kepraktisan modul berbasis permainan EmoDemo dalam kegiatan edukasi stunting mencapai rata-rata 92,1% dari tiga observer. Artinya modul yang dikembangkan mendapat kriteria sangat praktis karena memenuhi keterlaksanaan dalam proses kegiatan edukasi stunting. Dengan begitu modul berbasis permainan Emo-Demo dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan edukasi stunting masyarakat. Hasil efektivitas modul berbasis permainan Emo-Demo dalam kegiatan edukasi stunting mencapai N-gain pada pre-test dan post-test sebesar 0,89 dengan kategori tinggi. Artinya dengan menggunakan modul berbasis permainan Emo-Demo dalam kegiatan edukasi dapat meningkatkan pemahaman konsep stunting masyarakat. Hal ini juga didukung oleh hasil respon masyarakat setelah menggunakan modul dengan persentase 89,93% dikategorikan tinggi. Berdasarkan hasil perolehan analisis data validitas, kepraktisan dan keefektifan dari Modul berbasis permainan Emo-Demo untuk meningkatkan pemahaman konsep stunting valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121111 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Veronica Diniarti M.K.W_Skripsi.pdf Until 2028-05-04 | 1.35 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools