Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121083
Title: Pengembangan Modul Ajar Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas VIII SMP Materi Bangun Datar
Authors: QOMARIYAH, Dinda Nurul
Keywords: Bangun Datar
Etnomatematika
Modul Ajar
Issue Date: 15-May-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika pada materi bangun datar segiempat dan segitiga serta kemampuan bernalar kritis siswa yang rendah. Kemampuan bernalar kritis merupakan salah satu elemen pada kurikulum merdeka. Pada tahun 2021 Indonesia dikenalkan dengan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka. Perubahan kurikulum ini merupakan upaya pemerintah dalam memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia akibat situasi pandemik covid-19. Selain itu pada perubahan kurikulum, melahirkan suatu modul ajar. Sehingga, peneliti mengembangkan modul ajar untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika yang sesuai karakteristik siswa dengan berbasis etnomatematika batik khas yang berada lingkungan sekitar sekolah yang dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis. Tujuan pada penelitian ini untuk mengembangkan modul ajar berbasis etnomatematika yang valid, praktis, efektif. Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp. Subjek yang digunakan pada kelas uji coba adalah kelas VIII B SMPN 1 Arjasa, dengan menggunakan metode random sampling. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Modul ajar berbasis etnomatematika yang dikembangkan valid, praktis dan efektif; 2) Modul ajar yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis. Modul ajar yang telah dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121083
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tesis (Dinda Nurul Qomariyah)_220220101011 (1).pdf
  Until 2028-05-02
Tesis4.59 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.