Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121026
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorROSYID, Khoirur-
dc.date.accessioned2024-06-05T07:22:39Z-
dc.date.available2024-06-05T07:22:39Z-
dc.date.issued2024-04-30-
dc.identifier.nim200210303072en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121026-
dc.description.abstractPengajaran menggunakan metode konvensional terbukti belum mencapai hasil optimal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pencapaian belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif di kelas, dan salah satu solusinya adalah menerapkan pengunaan media pembelajaran aplikasi instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media pembelajaran aplikasi instagram terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa SMA dalam mata pelajaran geografi. Penerapan media pembelajaran aplikasi instagram mendorong siswa untuk eksplorasi dan menemukan pemahaman mereka sendiri, tetapi tetap dengan bimbingan dari guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis menggunakan Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Signifikansi sebesar ,028. Selanjutnya, nilai rata-rata post-test hasil belajar pada kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai Signifikansi sebesar ,019 berdasarkan perhitungan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada kelas eksperimen, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai Independent Sample T-Test yang kurang dari 0,05.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Prof.Dr. Sri Astutik, M.Si. Pembimbing Anggota Era Iswara Pangastuti S.Pd.,M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMedia Pembelajaran Aplikasi Intagramen_US
dc.subjectBerpikir Kritisen_US
dc.subject, Geografien_US
dc.titlePengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Jnstagram terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof,Dr.Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Era Iswara Pangastuti, S.Pd.,M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 3 Juni 2024en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 05en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Khoirur Rosyid 200210303072.pdf
  Until 2028-04-30
1.05 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools