Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121026
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ROSYID, Khoirur | - |
dc.date.accessioned | 2024-06-05T07:22:39Z | - |
dc.date.available | 2024-06-05T07:22:39Z | - |
dc.date.issued | 2024-04-30 | - |
dc.identifier.nim | 200210303072 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/121026 | - |
dc.description.abstract | Pengajaran menggunakan metode konvensional terbukti belum mencapai hasil optimal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan pencapaian belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih efektif di kelas, dan salah satu solusinya adalah menerapkan pengunaan media pembelajaran aplikasi instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media pembelajaran aplikasi instagram terhadap keterampilan berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa SMA dalam mata pelajaran geografi. Penerapan media pembelajaran aplikasi instagram mendorong siswa untuk eksplorasi dan menemukan pemahaman mereka sendiri, tetapi tetap dengan bimbingan dari guru. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Analisis menggunakan Independent Sample T-Test menghasilkan nilai Signifikansi sebesar ,028. Selanjutnya, nilai rata-rata post-test hasil belajar pada kelas eksperimen juga lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai Signifikansi sebesar ,019 berdasarkan perhitungan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran aplikasi instagram memiliki pengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada kelas eksperimen, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai Independent Sample T-Test yang kurang dari 0,05. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Prof.Dr. Sri Astutik, M.Si. Pembimbing Anggota Era Iswara Pangastuti S.Pd.,M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran Aplikasi Intagram | en_US |
dc.subject | Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | , Geografi | en_US |
dc.title | Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Jnstagram terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof,Dr.Sri Astutik, M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Era Iswara Pangastuti, S.Pd.,M.Sc. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 3 Juni 2024 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 05 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Khoirur Rosyid 200210303072.pdf Until 2028-04-30 | 1.05 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools