Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120965
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Materi Perilaku Konsumen pada Peserta Didik Kelas X Pemasaran SMKN 1 Jember
Authors: ABDUROKHIM, Rizky
Keywords: Media Pembelajaran
ADDIE
Perilaku Konsumen
Issue Date: 16-Jun-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Penerapan media pembelajaran berbasis video animasi dalam proses pembelajaran mampu meningkatkan antusiasme dan memudahkan peserta didik untuk memahami isi pembelajaran sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, oleh sebab itu diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran yang modern. Media pembelajaran yang selama ini digunakan di kelas X Pemasaran SMKN 1 Jember pada mata pelajaran program keahlian tahun ajaran 2022/2023 belum seluruhnya memadukan TIK, sehingga peneliti akan menambahkan media pembelajaran yang berbasis TIK berupa video animasi. Pendidik masih memakai media berupa buku paket, LKS, Microsoft Power Point dan media Canva untuk melakukan sebuah pembelajaran, yang dimana notabennya buku paket, LKS, Microsoft Power Point dan Canva ini masih menjadi pilihan utama untuk media pembelajaran pada saat ini, yang di dalamnya memiliki kelemahan yaitu media pembelajaran masih kurang menarik dalam segi tampilan karena cenderung berisikan teks secara penuh. Maka dari itu pengembangan media pembelajaran berbasis TIK yang berupa media berbasis video animasi sangat perlu dikembangakan guna meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam melakukan belajar mengajar, maka dari itu peneliti membantu pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi, dengan adanya pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi ini diharapkan peserta didik mampu menerima pembelajaran dengan mudah. Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terbagi menjadi 5 tahapan yaitu Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Uji coba produk dilaksanakan sebanyak satu kali yaitu pada kelompok terbatas yang dilaksanakan setelah proses uji kelayakan produk oleh tim ahli materi dan ahli media. Uji coba kelompok terbatas dilakukan pada peserta didik kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Jember sebanyak 10 peserta didik dari kelas X Pemasaran di SMKN 1 Jember yang diambil secara acak dengan pertimbangan pemilihan mencakupi peserta didik kurang pintar sampai peserta didik yang terpintar sebagai peserta uji coba kelompok terbatas dari kelas X Pemasaran di SMKN 1 Jember. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji tingkat kelayakan dan uji tingkat kemenarikan. Hasil uji kelayakan materi memperoleh skor sebesar 94% hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan dalam kategori sangat layak diuji cobakan. Hasil uji kelayakan media sebesar 85% hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi yang telah dikembangkan dalam kategori sangat layak diuji cobakan. Hasil kemenarikan pada uji coba kelompok terbatas yaitu masing-masing sebesar 89,37% persentase tersebut termasuk dalam kategori sangat menarik. Berdasarkan hasil yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi yang dikembangkan sangat layak dan menarik dari media pembelajaran sebelumnya untuk digunakan pada materi perilaku konsumen pada kelas X pemasaran SMK Negeri 1 Jember.
Description: validasi_repo_firli_Desember_2023_6 Finalisasi unggah file repositori tanggal 5 Juni 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120965
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rizky Abdurokhim 190210301095.pdf
  Until 2028-07-16
2.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools