Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120964
Title: Analisis Kecemasan Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Siliragung Banyuwangi dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar
Authors: SARI, Cindi Giantika Pramita
Keywords: Kecemasan Matematis
Pembelajaran Matematika
Geometri
Problem Solving
Issue Date: 18-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Tujuan pembelajaran dapat dipengaruhi oleh kecemasan. Kecemasan matematika merupakan rasa cemas, tegang, dan takut yang mengganggu kinerja matematika. Penelitian yang dilakukan oleh Lestari et al. (2020) mengenai pengaruh kecemasan matematika (mathematics anxiety) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTSN 2 kota Padang menghasilkan kecemasan matematika memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah yaitu sebesar 86,3%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa masih tinggi. Sehingga hal tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kecemasan siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Siliragung Banyuwangi yang memiliki tingkat kecemasan rendah, sedang, tinggi, dan panik. Instrumen penelitian ini terdiri dari peneliti, soal tes, angket kecemasan, dan pedoman wawancara. Pengujian validitas dilakukan oleh dua validator yaitu dosen Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jember. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal tes bangun datar kemudian disusul dengan pemberian angket kecemasan siswa. Setelah dilakukannya analisis pada hasil angket, maka diperoleh 8 subjek yang terdiri dari 2 siswa dengan kecemasan tingkat rendah, 2 siswa dengan kecemasan tingkat sedang, 2 siswa dengan kecemasan tingkat tinggi, dan 2 siswa dengan kecemasan tingkat panik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh subjek yang memiliki kecemasan tingkat rendah cenderung hanya mengalami gejala perilaku afektif dan kognitif, serta hanya menjawab benar 1 dari 3 soal yang diberikan. Kemampuan memahami masalah pada subjek kecemasan rendah masih kurang maksimal. Kemudian subjek yang memiliki kecemasan tingkat sedang mengalami gejala fisiologis, perilaku afektif, dan kognitif, serta mampu menjawab benar 2 dari 3 soal yang diberikan. Subjek yang memiliki kecemasan tingkat sedang mampu mengerjakan soal dengan mendekati kata sempurna. Subjek yang berada pada kategori kecemasan tingkat tinggi pada penelitian cenderung takut dengan hasil dan khawatir yang berlebihan serta kurang percaya diri dalam menyelesaikan permasalahan bangun datar. Munculnya perasaan tersebut karena dipengaruhi beberapa faktor baik dari dalam diri subjek seperti kepercayaan diri yang rendah serta faktor lingkungan seperti adanya tuntutan dari orang tua untuk menguasai dan unggul dalam mata pelajaran matematika. Subjek yang mengalami kecemasan tingkat panik cenderung tidak bisa mengendalikan dirinya ketika merasa cemas karena hanya terfokus pada gejala cemas yang dialami seperti bingung saat mengerjakan soal, belum ada kesiapan, mudah menyerah, dan rasa takut yang tinggi sehingga membuat subjek sulit berkonsentrasi ketika mengerjakan soal dan berdampak pada hasil jawaban subjek
Description: validasi_repo_firli_Desember_2023_6 Finalisasi unggah file repositori tanggal 5 Juni 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120964
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repo skripsi cindi giantika.pdf
  Until 2028-06-29
1.38 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools