Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120951
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorILZAM, Moch-
dc.date.accessioned2024-06-04T13:14:54Z-
dc.date.available2024-06-04T13:14:54Z-
dc.date.issued2023-02-13-
dc.identifier.nim190210303005en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120951-
dc.descriptionValidasi dan Finalisasi oleh Taufik Tgl 4 Juni 2024en_US
dc.description.abstractPengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Design Animaker Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan, SMA/MA Kelas X; Moch.Ilzam; 190210303005: 2023; 63 halaman; Jurusan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember. Perkembangan abad 21 ditandai dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat. Guru merupakan sarana mencerdaskan kehidupan bangsa dan diabadikan dalam UUD 1945. Media pembelajaran adalah cara penyampaian materi dari guru kepada siswa. kenyataannya media pembelajaran yang digunakan guru tidak sepenuhnya memanfaatkan teknologi. Guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menciptakan lingkungan belajar dengan aplikasi animaker. Tujuan menurut penelitian merupakan buat mengetahui validitas produk pengembangan video pada materi geografi berbasis design animaker materi pengetahuan dasar pemetaan, SMA/MA kelas X . Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan desain penelitian ADDIE. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini dilakukan di lokasi MAN 2 Jember. Saat penelitian ini dilaksanakan di kelas X IPS semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Rentang Kelas X IPS dibagi menjadi dua kelas kecil dan satu kelas besar. Sarana komunikasi yang digunakan dalam pembelajaran diverifikasi oleh tiga orang validator yaitu media, materi, praktisi/guru. Hasil tanggapan siswa terhadap lingkungan belajar ditentukan dengan menyebarkan angket kepada siswa. Hasil penelitian ini merupakan karya penelitian pengembangan yang sudah dilaksanakan dan menghasilkan produk berupa media video pembelajaran geografi berbasis aplikasi animaker dari materi pengetahuan dasar pemetaan SMA/MA, yang sudah diuji dari validator materi, media dan praktis. Video pembelajaran geografi ini sudah dilaksanakan dalam penelitian dan di terapkan disekolah untuk mendapatkan respon siswa yaitu di kelas X IPS menjadi kelas kecil dan kelas besar di MAN 2 Jember. Perolehan dari 3 validator ahli media niliai rata rata 3,4, ahli materi 4,5, ahli praktisi 3,94 kemudian nilai rata rata kelas kecil dan besar 4,38 & 4,28.Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media didapatkan hasil rata-rata 3,4 dengan kategori valid. Validator ahli materi melakukan penilaian terhadap media pempebelajaran berdasarkan aspek desain pembelajaran. Hasil validadator materi didapatkan dengan nilai 4,5 yang termasuk dalam kategori valid. Validasi oleh praktisi dari tiga asspek desain pembelajaran, rekayasa, penampilan Visual memperoleh rata-rata 3,94 yang termasuk dalam kategori Valid. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh validator dapat disimpulkan bahwa penilaian validitas media dapat dikatakan valid sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan data yang di peroleh pada hasil dan analisis dapat disimpulkan; hasil produk pengembangan pada penelitian ini sudah memperoleh validitas sebagai berikut, Validitas media didapatkan dari validator (ahli media, ahli materi, ahli praktist pembelajaran geografi) dengan perolehan hasil 3,94 sangat valid yang berarti media tidak memperoleh perbaikan serta sangat memenuhi kelayakan untuk di implementasikan ke model pembelajaran materi geografi di sekolah. Respon siswa didapatkan dari sesi implementasi di 2 kelas terdiri dari X IPS 3 kelas besar sebanyak 30 siswa dan X IPS 4 kelas kecil terdiri dari 15 siswa MAN 2 Jember dengan jumlah 45 siswa/ responden mendapatkan nilai rata rata total 4,38 respon yang sangat baik.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik, M.Si Era Iswara Pangastuti, S.Pd., M.Scen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jemberen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectGEOGRAFIen_US
dc.subjectDESAIN ANIMAKERen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Design Animaker Materi Pengetahuan Dasar Pemetaan, SMA/MA Kelas Xen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI.pdf
  Until 2027-02-13
1.99 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools