Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120919
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorHASANAH, Uswatun-
dc.date.accessioned2024-06-04T06:45:02Z-
dc.date.available2024-06-04T06:45:02Z-
dc.date.issued2023-06-26-
dc.identifier.nim190210303032en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120919-
dc.description.abstractEra Industri 5.0 mengharuskan pendidikan di Indonesia melakukan penyesuaian terhadap kemajuan teknologi agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang ada. Permasalahan yang masih sering terjadi di sekolah terkhusus pada saat pembelajaran geografi yaitu minimnya keterampilan berpikir kreatif siswa. Hal tersebut diperkirakan karena kurangnya variasi media pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran berbasis ceramah (Teacher Center Learning) sehingga menjadikan siswa lebih pasif, dan keterbatasan waktu guru dalam membuat media interaktif serta pembelajaran geografi yang sering kali menempati posisi di jam terakhir pelajaran sehingga semangat belajar siswa juga sudah mulai menurun. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menggagas suatu solusi yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang terjadi yaitu dengan menerapkan canva sebagai multimedia pembelajaran geografi berbasis project based learning (PjBL) untuk mendorong siswa SMA agar memiliki keterampilan berpikir kreatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh canva sebagai multimedia pembelajaran geografi berbasisi project based learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dan termasuk jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMAN 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Pemilihan sampel dilakukan menggunakan uji homogenitas dari nilai keterampilan bab sebelumnya kemudian di undi sehingga menemukan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penerapan canva sebagai multimedia pembelajaran geografi berbasis project based learning (PjBL) sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan khusus melainkan proses pembelajarannya dilaksanakan secara konvensional. Hasil dari penelitian ini menunjukkkan bahwa nilai independent sampel ttest (sig. 2-tailed) sebesar 0,001. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan yaitu apabila nilai signifikansi < 0,05 maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hasil uji independent sampel t-test dalam penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05 yakni hanya sebesar 0,001 sehingga dinyatakan diterima. Adapun nilai rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen adalah sebesar 81,6 sedangkan di kelas kontrol nilai rata-rata siswanya adalah 72,32. Menurut klasifikasi kualitas keterampilan berpikir kreatif, niali siswa di kelas eksperimen termasuk kategori sangat kreatif (A) sedangkan di kelas kontrol termasuk kategori kreatif (B). Berdasarkan keempat indikator keterampilan berpikir kreatif, indikator yang memiliki selisih paling signifikan adalah indikator elaboration. Hal tersebut dikarenakan siswa lebih mudah menciptakan gagasan namun masih sukar dalam menerangkan secara rinci maksud dari gagasannya serta mengimplementasikan gagasannya ke dalam wujud karya infografis. Kesimpulan yang diperoleh dari analisis tersebut adalah penggunaan canva sebagai multimedia pembelajaran geografi berbasis project based learning (PjBL) berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA yang diketahui melalui uji independent sampel t-test dengan perolehan nilai sig (2- tailed) 0,001. Demikian dapat disimpulkan bahwa canva dapat digunakan sebagai multimedia pembelajaran untuk mengasah keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam pembelajaran geografi.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si. Dosen Pembimbing Anggota : Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectCanvaen_US
dc.subjectMultimedia Pembelajaran Geografien_US
dc.subjectProject Based Learning (PjBL)en_US
dc.titlePengaruh Canva Sebagai Multimedia Pembelajaran Geografi Berbasis Project Based Learning (PJBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Geografien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 17 November 2023en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_06_tanggal 03en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI_USWA_REPOSITORY.pdf
  Until 2028-04-11
5.95 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools