Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120895
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | NALIRATIH, Putri | - |
dc.date.accessioned | 2024-06-04T04:30:59Z | - |
dc.date.available | 2024-06-04T04:30:59Z | - |
dc.date.issued | 2023-06-24 | - |
dc.identifier.nim | 160210402068 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120895 | - |
dc.description | validasi_repo_firli_Desember_2023_4 | en_US |
dc.description.abstract | Mekanisme pembentukan subjek adalah subjek yang diidentifikasi dengan metode narsistik (ingin menjadi) dan analitik (ingin memiliki). Dalam pembentukan subjek terdapat 3 tahap yaitu yang real, yang imajiner, dan yang simbolik. Selanjutnya, hasil penelitian dimanfaatkan sebagai alternatif materi Psikologi Sastra. Berdasarkan latar belakang rumusan masalah penelitian; (1) Bagaimanakah pembentukan subjek dalam novel Assalamualaikum Beijing! pada tahap yang Real?, (2)Bagaimanakah pembentukan subjek dalam novel Assalamualaikum Beijing! pada tahap yang imajiner?, (3) Bagaimanakah pembentukan subjek dalam novel Assalamualaikum Beijing! pada tahap yang simbolik?, (4) Bagaimanakah implikasi hasil penelitian ini terhadap perkembangan studi kuliah Psikologi Sastra di perguruan tinggi? Jenis dan rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan rancangan psikologi sastra dengan menggunakan teori Jacques Lacan. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata, kalimat-kalimat, dialog, dan paragraf yang diindikasi memuat jawaban dari rumusan masalah yang ditetapkan pada bab sebelumnya membahas mekanisme pembentukan subjek pada tiga tahapan yaitu 1) Yang Real, 2) Yang Imajiner, dan 3) Yang Simbolik. Teknik pengumpulan data berupa; membaca, mengidentifikasi, pemberian kode, dan pengumpulan data. Teknis analisis data berupa; membaca, deskripsi, dan interpretasi. Berdasarkan hasil penelitian, mekanisme pembentukan subjek dalam novel Assalamualaikum Beijing! karya Asma Nadia yaitu, 1) Tahap Real berupa tahap kebutuhan yang membuat tokoh utama merasa utuh dan aman, 2) Tahap Imajiner berupa tahap cermin, tokoh utama merasa berkekurangan, 3) Tahap Simbolik berupa tahap bahasa berupa hasarat yang dituang dalam bentuk bahasa. Semua keinginan diungkapkan melalui bahasa. 4) implementasi materi untuk materi psikologi sastra di perguruan tinggi.penelitian. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ditujukan kepada guru Bahasa Indonesia dan peneliti selanjutnya | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.P.d. Siswanto, S.P.d., M.A. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Psikologi Sastra | en_US |
dc.subject | Psikoanalisis Lacan | en_US |
dc.subject | Novel | en_US |
dc.subject | Analisis Novel | en_US |
dc.title | Mekanisme Pembentukan Subjek dalam Novel Assalamualaikum Beijing! Karya Asma Nadia | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Akhmad Taufiq, S.S., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Siswanto, S.Pd., M.A. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Desember_2023_4 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2024_06_tanggal 03 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
PUTRI NALIRATIH_160210402068_PBSI.pdf Until 2028-06-24 | 702.84 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools