Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120773
Title: | Analisis Tingkat Kesiapan Pengguna Aplikasi J-KOPI Menggunakan Metode TRI 2.0 Berdasarkan Technology Readiness (TR – Based) Segmentation Analysis |
Authors: | PUSPITA, Sisca Cahya |
Keywords: | Aplikasi J-KOPI Metode TRI 2.0 Technology Readiness (TR – Based) |
Issue Date: | 27-Jun-2023 |
Publisher: | Fakultas Ilmu Komputer |
Abstract: | J-KOPI merupakan aplikasi smart city Kabupaten Jember. Aplikasi ini diciptakan untuk memudahkan masyarakat dalam hal pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengukur tingkat kesiapan pengguna aplikasi J-KOPI, menganalisis segmentasi pengguna berdasarkan skor TR, dan memberikan rekomendasi perbaikan kepada DISKOMINFO Kabupaten Jember untuk meningkatkan kesiapan pengguna aplikasi J-KOPI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu TRI 2.0. Tingkat kesiapan pengguna aplikasi J-KOPI sebesar 3,161 dan termasuk dalam kategori Medium Technology Readiness. Hasil analisis segmentasi pengguna aplikasi J-KOPI menghasilkan 4 klaster yaitu avoiders, skeptic, pioneer, exploreres. Rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan DISKOMINFO Kabupaten Jember yaitu mengadakan sosialisasi penggunaan aplikasi J-KOPI pada masyarakat, memperbaiki User Interface aplikasi J-KOPI, mengembangkan cara lain untuk login menggunakan face id dan finger print, mengadakan sharing session terkait penggunaan aplikasi J-KOPI kepada petugas pelayanan publik. Penelitian ini menunjukkan bahwa sikap innovativeness pengguna aplikasi J-KOPI masih rendah, namun rasa optimis cukup tinggi. Klaster pioneer memiliki anggota paling banyak. |
Description: | Finalisasi unggah file repositori tanggal 31 Mei 2024_Kurnadi |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120773 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Computer Science |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI SISCA REPOSITORY UNEJ.pdf Until 2028-06-13 | 2.95 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools