Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120620
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorWARDANI, Made Tresna Ardia-
dc.date.accessioned2024-05-22T02:30:54Z-
dc.date.available2024-05-22T02:30:54Z-
dc.date.issued2023-07-13-
dc.identifier.nim192110101121en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120620-
dc.description.abstractMenurut Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan menjelaskan bahwa target untuk kepuasan pasien rawat jalan adalah 76,6%, namun tidak terdapat standar yang mengatur tentang persentase kepuasan pasien. Waktu tunggu pasien rawat jalan adalah lama waktu yang diperlukan pasien ketika melakukan perawatan dimulai pada saat pasien melakukan pendaftaran hingga paien masuk ruangan poli untuk diperiksa oleh dokter. Standar dari lama waktu tunggu pasien rawat jalan ≤ 60 menit. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti di RSD Balung Kabupaten Jember, sebanyak 70% pasien memiliki waktu tunggu >60 menit,. Untuk kepuasan pasien atas pelayanan yang diberikan rumah sakit, sebanyak 67% pasien merasa puas. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan lama waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSD Balung Kabupaten Jember Desain penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di RSD Balung, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember pada bulan Maret hingga April 2023. Dengan jumlah sampel 95 pasien yang sedang menjalani rawat jalan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Peneliti mencari data mengenai rata rata jumlah kunjungan pasien per hari pada setiap poli, lalu melakukan pengacakan nomor menggunakan excel untuk mendapatkan responden secara acak pada setiap poli disesuaikan dengan jumlah responden yang dibutuhkan. Pada penelitian ini yang menjadi variabel terikat adalah kepuasan pasien dan waktu tunggu sebagai variabel bebas. Teknik pengambilan DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER ix data dilakukan dengan cara wawancara menggunakan kuesioner. Pertanyaan dalam kuesioner berisi tentang waktu tunggu pasien rawat jalan dan 5 dimensi kepuasan pasien, diantaranya empati (emphaty), ketanggapan (responsiveness), keandalan (reliable), jaminan (assurance), tampilan fisik (tangibles). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebagian besar responden pasien rawat jalan di RSD Balung, memiliki waktu tunggu >60 menit (lebih dari standar) yaitu sebanyak 65 responden (68,4%). Untuk variabel kepuasan pasien didapatkan bahwa 42 responden (44,2%) yang merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan RSD Balung dan terdapat 53 responden (55,8%) yang merasa sangat puas. Rata rata skor kepuasan pasien yang diperoleh adalah 100 termasuk kategori cukup puas. Terdapat beberapa atribut yang dapat menjadi bahan evaluasi diantaranya, ruang tunggu yang kurang nyaman, toilet yang kurang bersih dan harum, belum tersedianya layanan pengaduan,dokter datang terlambat, loket dan poli yang buka tidak sesuai jadwal, petugas menunda pelaksanaan pelayanan, pasien yang menunggu > 60 menit, pasien dilayani lambat, dokter kurang akurat dalam memberikan diagnosa,pelayanan yang diberikan belum sesuai harapan, pasien merasa dibedakan dalam menerima pelayanan, pemberian obat pasien BPJS & umum dibedakan. Saran untuk permasalahan diatas adalah menambah jumlah kursi pada ruang tunggu, melakukan pemeriksaan toilet secara berkala, menyediakan layanan komplain secara offline maupun online, membuat website untuk pendaftaran online, menambah jumlah dokter pada poli rawat jalan, dan menambah jadwal operasi pada hari sabtu dan minggu.en_US
dc.description.sponsorshipChristyana Sandra, S.KM., M.Kesen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Kesehatan Masyarakaten_US
dc.subjectKEPUASAN PASIENen_US
dc.subjectPASIEN RAWAT JALANen_US
dc.subjectKUALITAS PELAYANAN RAWAT JALANen_US
dc.subjectWAKTU TUNGGU PASIENen_US
dc.titleHubungan Lama Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSD Balung Kabupaten Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiIlmu Kesehatan Masyarakaten_US
dc.identifier.pembimbing1Christyana Sandra, S.KM., M.Kesen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_desember_2023_8en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2024_05_tanggal 22en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Public Health

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
doc (1).pdf
  Until 2028-07-07
2.14 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools