Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120571
Title: Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terintegrasi Aplikasi Android untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP
Authors: DEWANTA, Eka Putra Bagus
Keywords: Media Pembelajaran
Keterampilan Berpikir Kritis
Pembelajaran IPA
Pembelajaran Terintegrasi
Issue Date: 13-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Menjawab perkembangan zaman dan globalisasi yang terjadi saat ini, seseorang perlu menguasai kemampuan 4C yang meliputi critical thinking (kemampuan berpikir kritis), collaboration (kemampuan bekerja sama/ berkolaborasi), communication (kemampuan berkomunikasi), dan creative (kemampuan berpikir kreatif). Dibalik pentingnya 4C bagi seseorang terdapat keterampilan berpikir yang harus menjadi fokus utama agar tujuan penguasaan keterampilan berpikir abad 21 atau 4C bisa tercapai. Keterampilan tersebut adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi atau High Order Thinking Skills (HOTS). Keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu keterampilan yang diperlukan dalam menghadapi globalisasi. Keadaan keterampilan berpikir tingkat tinggi saat ini masih rendah, dilihat dari capaian akademis siswa pada PISA 2018 yang mendapat skor 396 dan menepati posisi 71 dari 79. Kurangnya kemampuan ini disebabkan karena abstraknya objek IPA dan diperlukan jembatan untuk mengatasinya. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah menggunakan media pembelajaran berupa modul aplikasi, menggunakan modul aplikasi, pengembang bisa lebih leluasa untuk menambahkan konten pendidikan terkait, seperti AR, 360 VVR (Video Virtual Reality). Banyaknya fitur yang bisa disesuaikan tentunya akan menambah daya tarik secara visual bagi siswa sehingga dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas modul pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. (2) Untuk mengetahui kepraktisan modul pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. (3) Untuk mengetahui efektivitas modul pembelajaran IPA terintegrasi aplikasi android untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Reserach and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian bertempat di SMPK Santo Petrus Jember pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPK Santo Petrus Jember. Penelitian ditujukan pada siswa kelas VIII karena siswa kelas VII masih belum waktunya menerima materi pembelajaran Pencemaran Lingkungan karena materi tersebut masuk pada semester genap. Data yang digunakan sebagai tolak ukur efektivitas pembelajaran adalah nilai pretest dan posttest dengan Analisis n-gain. Hasil dari uji validasi media pembelajaran didapati nilai rata-rata persentase sebesar 95% dengan kategori “sangat valid”, dari skor ini dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran dapat digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas. Hasil dari uji kepraktisan media pembelajaran yang didapat dari nilai observasi keterlaksanaan pembelajaran didapati nilai persentase rata-rata sebesar 95% dengan kategori “sangat praktis”, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran praktis ketika digunakan dalam pembelajaran. Efektivitas media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa diukur berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest kemudian dianalisis dengan rumus n-gain untuk menentukan sejauh mana efektivitas media, didapati secara keseluruhan media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kategori “sedang” ditunjukkan dari n-gain rata-rata sebesar 0.66. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Validitas media pembelajaran kategori sangat valid dengan persentase penilaian 95%, (2) Kepraktisan media pembelajaran memiliki kategori “sangat praktis” persentase sebesar 95% (3) Efektivitas media pembelajaran kategori “sedang” berdasarkan hasil Ngain 0.66. sehingga media cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Description: validasi_repo_firli_november_2023_13 Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Mei 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120571
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository_Skripsi_Eka Putra Bagus Dewanta.pdf
  Until 2028-07-13
Eka Putra Bagus Dewanta6.33 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools