Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120477
Title: Bauran Pemasaran dan Strategi Pengembangan Pemasaran Produk Olahan Empon-Empon Kelompok Tani Wanita Sejahtera di Kafe Kayumas
Authors: SARI, Dini Yurindiana Jr
Keywords: BAURAN PEMASARAN
STRATEGI PEMASARAN
KELOMPOK TANI WANITA
PERTANIAN
Issue Date: 12-Jun-2023
Publisher: Fakultas Pertanian
Abstract: Pembangunan pertanian berfokus kepada kegiatan yang berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan dengan senggang waktu yang mempertimbangkan kebutuhan di masa depan. Diperlukan upaya untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengelola potensi, terutama di sektor pertanian dengan memberdayakan melalui kegiatan peningkatan pengetahuan dan kemampuan dalam mengatasi masalah. Universitas Jember melaksanakan program pemberdayaan kepada kelompok tani wanita sejahtera di Desa Asembagus. Pemberdayaan ini bertujuan untuk memanfaatkan potensi tanaman herbal empon-empon dalam kegiatan bisnis. Program ini mencakup proses pengolahan tanaman empon-empon hingga pemasaran, dengan melibatkan Kafe Kayumas sebagai distributor produk kepada konsumen. Namun, pemasaran yang dilakukan belum optimal karena kurangnya strategi pemasaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran produk olahan empon-empon. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Desember 2022 hingga Maret 2023 melalui observasi dan wawancara kepada konsumen dengan menggunakan pendekatan bauran pemasaran 4P (price, place, product, promotion) dan SWOT. Alat analisis yang digunakan meliputi Analisis SWOT dengan matriks posisi kompetitif relatif, diagram SWOT, matriks Internal eksternal, dan matriks SWOT. Hasil perhitungan nilai IFAS menunjukkan skor sebesar 2,94, sedangkan EFAS sebesar 3,05. Gabungan kedua skor tersebut menempatkan produk olahan empon-empon pada posisi white area pada matriks kompetitif relatif dan posisi sel II pada matriks Internal dan Eksternal. Selain itu, pada diagram SWOT, produk olahan empon-empon berada pada kuadran I yang menunjukkan situasi yang menguntungkan. Strategi yang diusulkan adalah pengembangan produk melalui penambahan variasi jenis, kemasan, dan rasa, serta melakukan kegiatan promosi melalui media sosial untuk mencapai pasar yang lebih luas.
Description: Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Mei 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120477
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
2023_191510901024_Dini Yurindiana Sari_complete.pdf
  Until 2028-06-12
2.22 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools