Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120466
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNANDA, Andre Eka-
dc.date.accessioned2024-05-11T22:25:19Z-
dc.date.available2024-05-11T22:25:19Z-
dc.date.issued2023-06-22-
dc.identifier.nim190820101030en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120466-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_november_2023_10 Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Mei 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPendidikan vokasi pada perguruan tinggi merupakan pendidikan yang menyiapkan mahasiswa untuk bekerja dan/atau berwirausaha dengan keahlian terapan tertentu. Politeknik Negeri Jember sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi negeri (PTVN), telah menerapkan metode pembelajaran berbasis dual system dimana perbandingan praktik dengan teori pembelajaran, yakni 60% praktik dan 40% teori. Selain itu, model pembelajaran vokasional memiliki dua fungsi sekaligus yaitu pembelajaran dan produksi secara bisnis yang juga telah diterapkan dengan baik oleh Polije melalui Project Based Learning atau Pembelajaran Berbasis Proyek. Program Studi Manajemen Agroindustri menerapkan Project Based Learning pada mata kuliah Perencanaan dan Pengembangan Produk (P3). Mata Kuliah P3 mencakup teori dan praktik mengenai konsep produk dan langkahlangkah perencanaan serta pengembangan pada produk yang dihasilkan selama pembelajaran. Selain itu, pada mata kuliah ini disisipkan pendidikan kewirausahaan sebagai karakteristik dari Project Based Learning yang memadukan beberapa disiplin ilmu. Pada kegiatan praktikum, mahasiswa dibagi kelompok-kelompok untuk merencanakan sebuah produk dengan ketentuan sebagai berikut: (1) Produk yang direncanakan merupakan non makanan; (2) Produk dekat atau dibutuhkan dalam keseharian; serta (3) Menciptakan nilai tambah dari limbah maupun sumber daya alam yang berlimpah dan belum termanfaatkan. Penelitian Explanatory Research ini menetapkan dua variabel eksogen yaitu Entrepreneurial Education dan Institutional Support dan variabel endogen yaitu Team Entepreneurial Competence dan Entrepreneurial Interest, di mana penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Entrepreneurial Education dan Institutional Support melalui Team Entepreneurial Competence terhadap Entrepreneurial Interest mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Agroindustri Semester 6 dan mahasiswa program alih jenjang Manajemen Agroindustri yang menempuh mata kuliah P3 pada semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Total populasi penelitian ini adalah 145 mahasiswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini berdasarkan rumus Slovin adalah 106 orang. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan SEM dengan bantuan AMOS ini menyajikan beberapa hal yang dapat disimpulkan bahwa Entrepreneurial Education berpengaruh signifikan terhadap Entrepreneurial Interest mahasiswa. Institutional Support tidak berpengaruh signifikan terhadap Entrepreneurial Interest mahasiswa. Entrepreneurial Education tidak berpengaruh signifikan terhadap Team Entepreneurial Competence. Institutional Support berpengaruh signifikan terhadap Team Entepreneurial Competence. Team Entepreneurial Competence berpengaruh signifikan terhadap Entrepreneurial Interest mahasiswa. Entepreneurial Education ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap Entepreneurial Interest mahasiswa Politeknik Negeri Jember melalui Team Entepreneurial Competence. Team Entepreneurial Competence ternukti berperan sebagai mediator yang signifikan pada pengaruh Institutional Support terhadap Entepreneurial Interest mahasiswa Politeknik Negeri Jember, sehingga peran Team Entepreneurial Competence sebagai mediator merupakan mediator yang kuat atau mediasi sempurna.en_US
dc.description.sponsorship1. Dewi Prihatini, S.E., M.M., Ph.D; 2. Dr. Imam Suroso, S.E., M.Si,en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectEntrepreneurship Educationen_US
dc.subjectInstitutional Supporten_US
dc.subjectTeam Entrepreneurship Competenceen_US
dc.subjectEntrepreneurial Interesten_US
dc.titlePeran Entrepreneurial Education dan Institutional Support melalui Team Entrepreneurial Competence terhadap Entrepreneurial Interest Mahasiswa di Politeknik Negeri Jemberen_US
dc.title.alternativeThe Role of Entrepreneurial Education and Institutional Support through Team Entrepreneurial Competence towards Students’ Entrepreneurial Interest at State Polytechnic of Jemberen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Manajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Dewi Prihatini, S.E.M.M., Ph.D.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Imam Suroso, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_november_2023_10en_US
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TESIS ANDRE EKA NANDA 190820101030.pdf
  Until 2028-06-22
2.08 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.