Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120460
Title: Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Mengefektifkan Pembelajaran Materi Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Kelas V Di SDN Puger Kulon 01 Jember
Authors: KURNIAWAN, Sigit Tegar
Keywords: Problem Based Learning
Materi Operasi Hitung
Lembar Kerja Siswa
Issue Date: 4-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Matematika adalah bidang studi yang terdapat pada jenjang sekolah dasar (SD) sampai dengan perguruan tinggi. Matematika merupakan disiplin ilmu yang bersifat khas dibandingkan dengan disiplin ilmu yang lain karena matematika membutuhkan bernalar dan berlogika (Amir, 2014). Matematika dapat memberikan bekal agar siswa berpikir secara kritis, kreatif, analitis, dan dapat menyelesaikan masalah. Melalui pembelajaran matematika, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam menerapkan ilmu matematikanya untuk mengembangkan ideide yang kreatif, inovatif, analisis, sistematis, dan mampu menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Sebagian siswa menganggap jika matematika adalah pelajaran yang sulit dipelajari dan dipahami. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada hari Senin, 10 Oktober 2022 di SDN Puger Kulon 01 pada guru kelas V, dapat diketahui bahwa guru masih belum mengembangkan LKPD pada materi operasi hitung pecahan. Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) belum pernah digunakan. Siswa juga belum paham dan mengalami kesulitan dalam memahami serta mengerjakan soal mengenai materi operasi hitung pecahan penjumlahan dan pengurangan, khususnya pada menyamakan kedua penyebut yang berbeda. Metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah dan penugasan saja tanpa ada diskusi dan tanya jawab. Membuat siswa memiliki minat belajar yang kurang ketika mengikuti pembelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan tersebut, tujuan penelitian ini yaitu: (1) mengetahui proses pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mengefektifkan pembelajaran materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas siswa kelas V di SDN Puger Kulon 1 Jember yang valid, efektif dan praktis, dan (2) mengetahui kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk mengefektifkan pembelajaran materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas V di SDN Puger Kulon 01 Jember. Desain penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Penelitian ini terdiri dari 10 tahap, tetapi hanya dilakukan sampai tahap ke-8 saja untuk mengetahui keefektifannya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Puger Kulon 01 Jember pada kelas VA dan VB sebanyak 48 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, tes hasil belajar, angket validasi, dan angket respon peserta didik, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data validasi produk, uji independent sampel t-test, analisis data keefektifan relatif produk (ER), dan analisis data respon peserta didik. Proses pengembangan bahan ajar LKPD berbasis PBL materi operasi hitung pecahan kelas V SDN Puger Kulon 01 Jember menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahap, namun hanya dilakukan sampai pada tahap ke-8, karena pada tahap ke-9 dan ke-10 dibutuhkan jika penelitian ditujukan untuk disosialisasikan atau diterapkan secara massal. Penelitian pengembangan dimulai dari tahap penelitian pendahuluan, kemudian membuat produk yang akan dikembangkan, melakukan validasi LKPD, dan melakukan uji keefektifan dan kepraktisan produk LKPD yang dikembangkan Hasil validasi produk LKPD yang dikembangkan mendapatkan skor 93 dengan kategori sangat layak. Hasil analisis pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pretest dan posttest 22,25%, sedangkan pada kelas kontrol pada ranah kognitif memperoleh rata-rata nilai pretest dan postest 10.5%. Berdasarkan rata-rata tersebut hasil belajar kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 71,7% dengan kategori keefektifan tinggi. Selain itu hasil uji kepraktisan LKPD berbasis PBL menggunakan angket respon peserta didik menunjukkan persentase skor 83% dengan kategori sangat praktis
Description: validasi_repo_firli_november_2023_10 Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Mei 2024_Kurnadi
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120460
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Sigit Tegar Kurniawan_190210204255 (2).pdf
  Until 2028-07-04
1.58 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools