Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120416
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorTRI WULANDARI, Elvika-
dc.date.accessioned2024-04-30T04:41:32Z-
dc.date.available2024-04-30T04:41:32Z-
dc.date.issued2023-05-16-
dc.identifier.nim180210204271en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120416-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 30 April 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractPemerintah memberlakukan kurikulum 2013 dengan pendekatan tematik karena diyakini sebagai perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan serta penyesuaian terhadap padatnya materi. Model problem based learning (PBL) dengan media pop up book pada pembelajaran tematik dapat menyajikan materi berbasis masalah secara nyata dan menyenangkan, melibatkan siswa secara langsung pada masalah serta memberikan peluang untuk siswa agar dapat membangun pengetahuannya dalam menemukan solusi dari masalah tersebut sehingga dapat meningkatkan ketrampilan proses siswa yang akan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model PBL dengan media Pop Up Book dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas V Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di SD Negeri 6 Kedunggebang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa pada pendahuluan sebesar 41,67%, siklus I sebesar 63,39% dan siklus II sebesar 76,19% sehingga terjadi peningkatan terhadap persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari pendahuluan ke siklus I sebesar 21,72% dan dari siklus I ke siklus II sebesar 12,80% serta rata-rata hasil belajar pendahuluan sebesar 58,9, siklus I sebesar 66,1 dan siklus II sebesar 76,8 sehingga terjadi peningkatan terhadap skor rata-rata hasil belajar siswa klasikal dari pendahuluan ke siklus I sebesar 7,2 dan dari siklus I ke siklus II sebesar 10,7.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Nuriman, Ph.D Dosen Pembimbing Anggota : Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.PFisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PROBLEM BASED LEARNINGen_US
dc.subjectMEDIA POP UP BOOKen_US
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.subjectHASIL BELAJARen_US
dc.titleImplementasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Media Pop Up Book untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan di SD Negeri 6 Kedunggebang Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Nuriman, Ph.Den_US
dc.identifier.pembimbing2Arik Aguk Wardoyo S.Pd., M.PFisen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_nopember_2023_17en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ELVIKA TRI WULANDARI 180210204271.pdf
  Until 2028-11-07
1.54 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools