Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120244
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | SUHARJONO, Gilang Eko Setyo | - |
dc.date.accessioned | 2024-03-27T02:58:12Z | - |
dc.date.available | 2024-03-27T02:58:12Z | - |
dc.date.issued | 2023-07-28 | - |
dc.identifier.nim | 190210204157 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120244 | - |
dc.description | validasi_repo_firli_Desember_2023_19; Finalisasi oleh Taufik Tgl 27 Maret 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Kurikulum Merdeka menekankan adanya penguatan profil pelajar Pancasila sebagi upaya pembentukan karakter yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila yang mana salah satu dari indikatornya yaitu gotong royong. Gotong royong terjadi karena adanya suatu hubungan interaksi antar sesama manusia dalam membantu satu sama lain, adanya rasa kepedulian dan saling berbagi. Kurangnya hubungan interaksi yang baik di dalam kegiatan pembelajaran menandakan akan rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa di sekolah. Upaya guru sebagai motivator dan fasilitator harus dapat mengatasi adanya permasalahan yang disebabkan oleh keaktifan belajar yang dialami siswa. Layanan bimbingan kelompok termasuk salah satu jenis dari layanan bimbingan dan konseling yang dapat membantu masalah rendahnya keaktifan belajar siswa. Layanan bimbingan kelompok merupakan bantuan yang diberikan guru kepada siswa guna memecahkan masalah belajar secara bersama-sama dengan memanfaatkan adanya kondisi dinamika kelompok untuk memperoleh informasi melalui kajian masalah yang dibahas. Layanan bimbingan kelompok dengan berbantuan video animasi pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga dapat mengurangi rasa bosan bagi siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni “apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok berbantuan video animasi pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa sebagai pelajar Pancasila kelas IV di SDN Sekarputih 2?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, menggunakan desain quasi experiment dengan pola nonequivalent control group posttest-only. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sekarputih 2 Kabupaten Bondowoso. Subjek penelitian ini yakni kelas IVA sebanyak 15 siswa dan kelas IVB sebanyak 15 siswa. Sebelum ditetapkannya kelas eksperimen dan kelas kontrol dilaksanakan dahulu uji homogenitas dengan nilai PTS dan penentuan sampling menggunakan purposive random sampling atau sampel bertujuan. Hasil uji homogenitas diperoleh hasil 𝑡0 sebesar 0,395. Nilai 𝑡0 membuktikan lebih besar dari 0,05 pada taraf signifikansi 5%, sehingga kedua kelompok tersebut bersifat homogen. Berdasarkan hasil analisis data melalui uji deskriptif peresentase diperoleh hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan akumulasi skor observasi keaktifan belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan di kelas kontrol setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen pada pertemuan 1 memperoleh persentase 66,4%, pertemuan 2 yakni 76,9% dan pertemuan 3 yakni 89,1%. Pada kelas kontrol pertemuan 1 yakni 61,1%, pertemuan 2 yakni 70,3% dan pertemuan 3 yakni 77,7%. Persentase setiap pertemuan tertinggi terjadi pada kelas eksperimen yang menerapkan layanan bimbingan kelompok berbantuan video animasi pembelajaran dibandingkan kelas kontrol yang tanpa menggunakan video animasi pembelajaran. Hasil analisis melalui uji t menggunakan bantuan software SPSS 25 diperoleh hasil 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 (3,476) > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 (1,701) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Mengacu pada analisis yang telah dilakukan sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok berbantuan video animasi pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa sebagai pelajar Pancasila kelas IV di SDN Sekarputih 2. Adapun saran pada penelitian ini, guru dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah keaktifan belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok berbantuan video animasi pembelajaran. Siswa juga diharapkan dapat aktif dalam kegiatan belajar tanpa ketergantungan pada siswa lainnya. Penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi peneliti selanjutnya. | en_US |
dc.description.sponsorship | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. Zetti Finali, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MEDIA PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | MEDIA VIDEO | en_US |
dc.subject | LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK | en_US |
dc.subject | KURIKULUM MERDEKA | en_US |
dc.title | Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berbantuan Video Animasi Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa sebagai Pelajar Pancasila Kelas IV Di SDN Sekarputih 2 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Chumi Zahroul Fitriyah, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Zetti Finali, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Desember_2023_19 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Repository_Skripsi_Gilang Eko Setyo Suharjono_190210204157.pdf Until 2028-07-30 | 8.45 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools