Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120231
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | ROHMAH, Indi Ghozirur | - |
dc.date.accessioned | 2024-03-27T01:44:29Z | - |
dc.date.available | 2024-03-27T01:44:29Z | - |
dc.date.issued | 2023-11-15 | - |
dc.date.submitted | ||
dc.identifier.nim | 200220104008 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120231 | - |
dc.description | validasi_repo_firli_Desember_2023_18; Finalisasi oleh Taufik Tgl 27 Maret 2024 | en_US |
dc.description.abstract | Pendidikan mempunyai peran penting dalam meningkatkan kualitas suatu negara. Peran pendidikan akan terwujud dalam proses pembelajaran dengan menghasilkan kemampuan siswa. Kemampuan yang bermanfaat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau sains kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan menyatakan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan kreativitas siswa kurang maksimal, sehingga perlu adanya inovasi dalam pembelajaran yakni pengembangan model pembelajaran AKSI yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan adaptasi langkah-langkah pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Model pengembangan 4D dilakukan dengan 4 tahap penelitian yakni Define (Pendefinsian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Diseminasi). Validasi dilakukan oleh 3 orang ahli yakni 3 dosen. Kepraktisan model diketahui berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh 3 observer, uji respon guru dan uji respon siswa. Kefektifan model diketahui berdasarkan hasil nilai pretest dan posttest siswa. Penelitian pengembangan model pembelajaran AKSI menghasilkan data berupa nilai validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Pada Model pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) diperoleh skor kevalidan sebesar 88,10% dengan kategori sangat valid. Nilai Kepraktisan diperoleh dari observasi keterlaksanaan sebesar 89,24% dengan kategori sangat praktis, uji respon guru sebesar 89,38% dengan kategori sangat praktis, dan uji respon siswa mendapatkan skor 84,12% dengan kategori sangat praktis. Nilai keefektifan model pembelajaran AKSI dapat dilihat berdasarkan nilai uji coba penggunaan model pembelajaran. Hasil uji Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa mendapatkan N-gain 0,7 pada kategori tinggi dan kemampuan berpikir kreatif siswa mendapatkan N-gain 0,7 dengan kategori tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran AKSI efektif digunakan pada pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Supeno, S. Pd., M. Si., M. C. E. Dr. Sulifah Aprilya H., S. Pd., M. Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | AKSI LEARNING MODEL | en_US |
dc.subject | HIGHER LEVEL THINKING ABILITY | en_US |
dc.subject | CREATIVE THINKING ABILITY | en_US |
dc.title | Pengembangan Model Pembelajaran AKSI (Aktualisasi Siswa) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Pembelajaran IPA di SMP | en_US |
dc.type | Tesis | en_US |
dc.identifier.prodi | Magister (S2) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Supeno, S. Pd., M. Si., M. C. E | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Sulifah Aprilya H., S. Pd., M. Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Desember_2023_18 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Tesis Indi Ghozirur Rohmah (200220104008).pdf Until 2028-12-15 | 955.49 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.