Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120217
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAPRILIA, Vicha Catur-
dc.date.accessioned2024-03-26T23:04:17Z-
dc.date.available2024-03-26T23:04:17Z-
dc.date.issued2023-06-26-
dc.identifier.nim190210204236en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120217-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 27 Maret 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractIlmu pengetahuan adalah cara mempelajari alam dan prosesnya dengan menggunakan metode yang sistematis dan ilmiah. Pentingnya buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal ini di kembangkan dengan alasan buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal ini masih tidak banyak ditemukan pada buku peserta didik. Literasi sains penting untuk diajarkan pada peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang berkaitan dengan pemecahan masalah bermodalkan pengetahuan sains yang telah dipelajari. Pembelajaran menggunakan buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal diharapkan dapat menunjukkan contoh konkret permasalahan berbasis lingkungan khususnya kearifan lokal Probolinggo yaitu hutan mangrove yang relevan dengan materi ajar kelas V. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimnakah proses pengembangan, kevalidan, efektifitas, dan kepraktisan buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal pada peserta didik kelas V SDN sebaung I di kabupaten Probolinggo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, efektifitas, dan kepraktisan produk pengembangan buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Borg and Gall. Tahapan penelitian ini terdiri dari 8 tahapan dari 10 tahapan penelitianBorg and Gall. Hal tersebut karena pada tahap ke-8 sudah dapat menjawab rumusan masalah dan keterbatasan waktu dan biaya. Buku ajar berbasis literasi sains bermuatan kearifan lokal pada peserta didik kelas V SDN Sebaung I di kabupaten Probolinggo memperoleh skor kevalidan sebesar 85,42% dengan kategori sangat layak. Tingkat keefektifan pada buku ajar ini sedang dengan skor sebesar 50,7%. Buku ajar ini dapat dikategorikan sangat praktis karena memperoleh skor 85,25%.en_US
dc.description.sponsorshipAgustiningsih, S.Pd., M.Pd. Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKearifan Lokal Kabupaten Probolinggoen_US
dc.subjectBuku Ajar Berbasis Literasi Sainsen_US
dc.titlePengembangan Buku Ajar Berbasis Literasi Sains Bermuatan Kearifan Lokal Tema Ekosistem Subtema 1 Komponen Ekosistem Untuk Mengefektifkan Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas V SDN Sebaung I di Kabupaten Probolinggoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Agustiningsih, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Kendid Mahmudi, S.Pd., M.Pfis.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_nopember_2023_8en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Vicha Catur Aprilia.pdf
  Until 2028-06-26
3.8 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools