Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120171
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNOVITALOKA, Yohan-
dc.date.accessioned2024-03-25T02:07:14Z-
dc.date.available2024-03-25T02:07:14Z-
dc.date.issued2023-05-23-
dc.identifier.nim180210204130en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120171-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 25 Maret 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas IV SDN Jember Kidul 04. Menurut narasumber dengan maraknya kasus kekeresan yang melibatkan anak-anak, baik kekerasan terhadap sesama teman bahkan kekerasan terhadap makhluk hidup lain, tentunya tidak terlepas dari tontonan televisi yang menjadi teman keseharian anak. Secara tidak langsung, televisi seakan memberikan ajaran baru kepada anak. Proses dalam penanaman nilai-nilai pendidikan karakter tidak hanya dilakukan oleh lembaga pendidikan saja, namun seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, penanaman nilai-nilai pendidikan karakter juga dapat dilakukan dengan menggunakan media elektronik. Salah satunya yaitu televisi yang merupakan media elektronik yang dapat digunakan sebagai media pendidikan dalam penanaman karakter pada peserta didik. Subjek yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Jember kidul 04. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu metode dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada film animasi “Upin dan Ipin” dapat disimpulkan bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film kartun “Upin dan Ipin” yaitu diantaranya religius (Spiritual), pendidikan karakter disiplin (personal), pendidikan karakter peduli sosial (sosial), pendidikan karakter peduli lingkungan (alam) dan nilai-nilai pendidikan karakter cinta tanah air (kebangsaan). Adapun pemanfaatan film animasi “Upin dan Ipin” sebagai materi ajar tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah Kelas IV SDN Jember Kidul 04, terbukti mengandung nilai-nilai moral sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media pembelajaran pada siswa kelas IV.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFKIPen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPENDIDIKAN KARAKTERen_US
dc.titleNilai nilai Pendidikan Karakter dalam Film Kartun “Upin dan Ipin” dan Pemanfaatannya sebagai Media Ajar Tema Peduli terhadap Makhluk Hidup Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumah Kelas IV SDN Jember Kidul 04en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Hari Satrijonoen_US
dc.identifier.pembimbing2Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pden_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_nopember_2023_3en_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
yohan repository.pdf
  Until 2028-05-23
2.12 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools