Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/12013
Title: Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) dalam Pembelajaran Fisika di SMP
Authors: Aulya Nanda Prafitasari
Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition
Issue Date: 24-Dec-2013
Series/Report no.: 090210102086;
Abstract: Pembelajaran fisika adalah suatu proses interaksi dalam belajar mengajar yang menganalisis secara kritis gejala alam dan menjelaskan berdasarkan gambaran pemikiran manusia melalui aturan, hukum, dan struktur logika antara sebab akibat. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah salah satu model kooperatif dimana setiap anggota saling mengeluarkan ide-ide untuk memahami suatu konsep dan menyelesaikan tugas, sehingga terbentuk suatu pemahaman. Model CIRC akan lebih optimal bila pembelajarannya menggunakan pendekatan pembelajaran Deep Dialogue Critical Thinking (DDCT) Penerapan model CIRC berbasis DDCT dalam proses pembelajaran akan mengintegrasikan suatu bahan bacaan, yakni membaca dan mengkomposisikan bagian-bagian yang dianggap penting melalui pendekatan yang menuntut siswa melakukan dialog mendalam dan berfikir kritis guna mendapatkan prediksi jawaban yang dianggap benar untuk membangun konsep fisika pada tiap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran CIRC berbasis DDCT dengan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui seberapa besar aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran CIRC dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VIII di SMPN 1 Bondowoso pada semester genap. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Analisa data menggunakan SPSS 16 untuk menjawab rumusan masalah yang pertama yaitu untuk mengkaji taraf signifikansi perbedaan hasil belajar, dan menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Hasil penelitian dan analisa data menunjukkan bahwa hasil pengujian dengan menggunakan SPSS 16 diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,04 atau < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil Pre-test kelas eksperimen sebelum pembelajaran adalah 42,5 dan kelas kontrol sebesar 44,29. Terdapat perbedaan hasil post-test yaitu kelas eksperimen sebesar 75,5 dan kelas kontrol sebesar 71,25. Pada kelas eksperimen, model pembelajaran CIRC berbasis DDCT lebih banyak mengajak siswa berfikir dan berinteraksi secara mendalam, sehingga membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Indikator aktivitas disesuaikan dengan LKS pada setiap pertemuan. Hasil analisis rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen dari tiga pertemuan adalah 85,51% sehingga dapat dikategorikan aktivitas belajar siswa sangat aktif . Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbasis Deep Dialogue Critical Thinking dengan model Direct Interaction (konvensional) pada pembelajaran fisika di kelas VIII SMPN 1 Bondowoso semester genap tahun ajaran 2012/2013. (2) Aktivitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbasis Deep Dialogue Critical Thinking di kelas VIII SMPN 1 Bondowoso semester genap tahun pelajaran 2012/2013 adalah sebesar 85.51%, sehingga termasuk dalam kategori sangat aktif.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/12013
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Aulya Nanda Prafitasri - 090210102086_1.pdf183.28 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools