Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120106
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | HIDAYAT, Rahmat | - |
dc.date.accessioned | 2024-03-07T07:26:24Z | - |
dc.date.available | 2024-03-07T07:26:24Z | - |
dc.date.issued | 2023-12-08 | - |
dc.identifier.nim | 190210204116 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120106 | - |
dc.description | validasi_repo_firli_Maret_2024_4 Finalisasi unggah file repositori tanggal 7 Maret 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di Indonesia semakin mendorong berbagai usaha pembaharuan terhadap penggunaan berbagai hasil teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan suatu fase yang tidak dapat terpisahkan bagi kehidupan manusia. Jika ditinjau perkembangan anak-anak hingga menjadi dewasa, maka perlu adanya pendidikan yang ditempuh dalam sebuah lembaga pendidikan. Penerapan pendidikan karakter pada pembelajaran ini adalah suatu keharusan, sebab hal ini dapat menjadikan peserta didik lebih cerdas, kreatif, inovatif, berbudi pekerti baik, dan sopan santun. Penelitian ini berfokus pada Tema 6 Subtema 1 di Kelas VI SD dan terkait konsep pendidikan karakter. Adapun rumusan masalahnya yaitu: (1) bagaimana proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android; dan (2) bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan media pembelajaran berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android? Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa dengan menyesuaikan pada penelitian pengembangan yang dilaksanakan. Validasi LKPD berbasis kearifan lokal Gresik telah dilakukan oleh ketiga validator ahli, adapun skor rerata yang diperoleh dari ketiga validator yaitu 86,9 masuk ke dalam kategori sangat layak. Keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi android ditinjau dari pencapaian hasil belajar melalui posttest. Hasil keefektifan juga menunjukkan bahwa nilai ๐กโ๐๐ก๐ข๐๐ lebih besar daripada ๐ก๐ก๐๐๐๐ (7,0085 > 2,018), artinya penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android lebih efektif digunakan daripada menggunakan buku tematik dan LKPD, sehingga hasil belajar kedua kelas menunjukkan keefektifan relatif (ER) mencapai 45,3% dengan kategori keefektifan sedang. Hasil ini sejalan dengan penelitian Qoiruni dan Wicaksono (2022) bahwasanya penelitian yang dilakukan mendapatkan kriteria nilai kevalidan 84,5%, dengan kategori sangat valid, serta respon peserta didik dan angket mendapatkan nilai 80,21% dengan kategori efektif. Adapun hasil uji kepraktisan dengan menggunakan angket respon peserta didik menunjukkan persentase sebesar 85,54% termasuk dalam kategori sangat efektif, artinya media pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android ini sudah sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan pengembangan dan penelitian yang telah dilakukan, maka saran yang dapat dituliskan yaitu sebagai berikut: (1) Bagi peserta didik, penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan efektivitas pembelajaran bagi peserta didik. Selain itu, diharapkan dapat memberikan inovasi baru untuk peserta didik dari penerapan media pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android tema 6, subtema 1 Kelas VI SD; (2) bagi guru, penelitian ini diharapkan dapat memunculkan inovasi berupa alternatif media pembelajaran yang interaktif dan efektif bagi kegiatan pembelajaran tema 6 subtema 1 kelas VI SD; dan (3) bagi peneliti lain, penelitian ini diharapkan dapat menjadi ide atau referensi bagi penelitian selanjutnya, tentang pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis nilai-nilai karakter melalui aplikasi android. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing anggota : Zetti Finali, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Interaktif | en_US |
dc.subject | Aplikasi Android | en_US |
dc.subject | Pelajar Pancasila | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nilai-Nilai Karakter Melalui Aplikasi Android Tema 6 Subtema 1 Kelas VI Sekolah Dasar | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Zetti Finali, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_Maret_2024_4 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Rahmat Hidayat 190210204116 Skripsi FKIP UNEJ.pdf Until 2028-12-08 | 4.53 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools