Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120045
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorPANGESTU, Bagus Aji-
dc.date.accessioned2024-03-01T03:01:12Z-
dc.date.available2024-03-01T03:01:12Z-
dc.date.issued2024-01-26-
dc.identifier.nim181910101007en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/120045-
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 29 Februari 2024_Kurnadien_US
dc.description.abstractSalah satu cara untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar adalah dengan meningkatkan salah satu faktor yang mempengaruhinya. Ada tiga faktor yang mempengaruhi efisiensi dari suatu kendaraan, yaitu berat kendaraan (mass), hambatan aerodinamis (aerodynamic resistance), dan tahanan gelinding (rolling resistance. Aerodynamic resistance merupakan suatu tahan yang terjadi pada bodi kendaraan akibat dari bentuk dan penyebaran aliran yang menyebabkan terhambatnya laju kendaraan. Faktor-faktor yang mempengaruhi aerodynamic resistance adalah dimensi, sudut leading edge, rear end dan diffuser pada bodi. Faktor yang paling berpengaruh pada aerodynamic resistance ada pada sudut leading edge, rear end dan diffuser. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis terhadap bentuk dari leading edge bodi mobil irit Tawang Alun Universitas Jember dengan melakukan optimasi pada sudut leading edge dengan melalui pendekatan computational fluid dynamics (CFD) pada aplikasi Ansys Workbench 19.2. Hasil dari analisis tersebut akan dilakukan proses perbandingan antara desain bodi lama dengan desain bodi optimasi guna mendapatkan desain bodi yang lebih baik, dengan dua kondisi yang perlu dipertimbangkan yaitu leading edge sebesar 40˚, 45˚, 50˚, 55˚, 60˚ dan kecepatan pada saat simulasi kendaraan sebesar 11,1 m/s dan 22,2 m/s. Hasil simulasi dari variasi sudut leading edge 40˚, 45˚, 50˚, 55˚, dan 60˚ menghasilkan coefisien drag (Cd) terendah sebesar 0.014 pada kecepatan 11,1 m/s dan 0,018 pada kecepatan 22,2 m/s. Hasil coefficient of drag (Cd) tertinggi pada variasi sudut leading edge yaitu seesar 0.021 pada kecepatan 11,1 m/s dan 0.024 pada kecepatan 22,2 m/sen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Agus Triono, S.T., M.T. Dosen Pembimbing anggota : Aris Zainul Muttaqin, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectCOMPUTATIONAL FLUID DYNAMICSen_US
dc.subjectPROTOTYPE MOBILen_US
dc.subjectLEADING EDGEen_US
dc.titleAnalisis Aerodinamika Bodi Prototype Mobil Irit dengan Variasi Sudut Leading Edge Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamicsen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Mesinen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Agus Triono, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Zainul Muttaqin, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorTeddyen_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Engineering

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Bagus Aji.pdf
  Until 2029-02-28
1.5 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools