Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119975
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNIKMAH, Faizatun-
dc.date.accessioned2024-02-23T06:47:06Z-
dc.date.available2024-02-23T06:47:06Z-
dc.date.issued2024-01-24-
dc.identifier.nim202520102002en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119975-
dc.description.abstractAkreditasi merupakan salah satu cara Puskesmas dalam melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan secara berkesinambungan. Tenaga kesehatan merupakan komponen utama dalam memberikan pelayanan kesehatan di Puskesmas, namun tenaga kesehatan belum merasakan dampak akreditasi terhadap kualitas pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perspektif tenaga kesehatan terhadap kualitas pelayanan kesehatan di 44 Puskesmas di Kabupaten Jember setelah pelaksanaan akreditasi menggunakan kriteria Malcom Baldrige. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif analitik dengan 330 orang responden tenaga kesehatan. Data diambil menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan SEM-PLS. Pemilihan sampel penelitian dengan menggunakan teknik multistage sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel eksogen kepemimpinan, perencanaan strategis, sumber daya manusia, fokus pelanggan, proses manajemen, keterlibatan staf, dan manfaat akreditasi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel endogen kualitas layanan dengan p-value 0.000<0,05. Variabel eksogen status akreditasi tidak berhubungan dengan kualitas pelayanan dengan p-valuae >0,05. Variabel eksogen yang paling dominan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan kesehatan Puskesmas di Kabupaten Jember adalah proses manajemen. Akan tetapi, variabel eksogen yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sumber daya manusia. Puskesmas disarankan untuk menerapkan standar akreditasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan, perbaikan sistem pelayanan, peningkatan fasilitas dan sarana prasarana di puskesmas, serta tenaga kesehatan meningkatkan kompetensi dengan mengikuti pelatihan dan perlu mempertahankan kualitas dengan melaksanakan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan sebagai bentuk dari peningkatan kualitas berkelanjutan.en_US
dc.description.sponsorshipPembimbing Utama Dr. Anita Dewi Prahastuti Sujoso, S.KM., M.Sc. Pembimbing Anggota Dr. dr. Wiwien Sugih Utami, M.Sc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherPascasarjanaen_US
dc.subjectAkreditasien_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectPuskesmasen_US
dc.subjectSEM-PLSen_US
dc.titleAnalisis Perspektif Tenaga Kesehatan terhadap Kualitas Pelayanan Pasca Akreditasi Menuju Primary Health Service Quality Improvementen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Ilmu Kesehatan Masyarakaten_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Anita Dewi Prahastuti Sujoso, S.KM., M.Sc.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. dr. Wiwien Sugih Utami, M.Sc.en_US
dc.identifier.validatorKacung- 7 Februari 2024en_US
dc.identifier.finalizationTeddyen_US
Appears in Collections:MT-Sciences of Health

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Tugas Akhir Repository Unej Faizatun Nikmah.pdf
  Until 2029-02-06
3.48 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.