Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/11996
Title: i ANALISA KUALITAS PELAYANAN PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR (PKB) UPT BALAI PENGUJIAN KENDARAAN BERMOTOR DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN JEMBER
Authors: Ayu Retno Wulandari
Keywords: pelayanan umum
Issue Date: 24-Dec-2013
Series/Report no.: 070910291055;
Abstract: Dalam pelayanan umum (publik) warganegara mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pelayanan yang berkualitas. Pelayanan yang selama ini terkesan lambat dan berbelit- belit harus diubah menjadi pelayanan yang lebih mudah untuk diperoleh masyarakat, mengingat keberadaan masyarakat saat ini sangat modern dengan berpendidkan tinggi, struktur sosial dan lingkungan yang kompleks, serta mobilitas yang sangat tinggi. Idealnya, kondisi tersebut harus diikuti dengan perkembangan kinerja birokrasi yang berkualitas yang berkaitan dengan pemenuhan kewajiban oleh Negara maupun daerah. Terdapat beberapa jenis pelayanan salah satunya adalah Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Jember. Pengujian Kendaraan Bermotor adalah serangkaian kegiatan menguji yang memeriksa bagian-bagian kendaraan bermotor, kereta gandengan, kereta tempelan dan kendaraan khusus dalam rangka pemenuhan terhadap persyaratan teknis dan laik jalan. Selanjutnya yang dimaksud dengan Penguji Kendaraan Bermotor adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan tugas pengujian kendaraan bermotor. Memiliki Sertifikat Kompetensi dan Tanda Kualifikasi Teknis Penguji Kendaraan Bermotor. Adapun tujuan penyelenggaraan pelayanan pengujian kendaraan bermotor (PKB) bertujuan untuk memberikan kepastian bahwa kendaraan bermotor yang dioperasikan dijalan telah memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan serta tidak mencemari lingkungan, agar dapat terciptanya transportasi darat yang sesuai vii dengan kelayakan untuk berada dijalan dan juga agar pelanggan transportasi darat merasa aman, nyaman, cepat/ lancar, dan tertib/ teratur agar mereka lebih percaya pada sarana transportasi yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Jember. Menurut Zeithmal,dkk penilaian kualitas pelayanan (ServQual) publik terdiri dari: dimensi bukti langsung (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty). Nilai kualitas pelayanan diperoleh dari nilai persepsi pelanggan dikurangi dengan nilai harapan. Penelitian ini dilakukan di UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember di Jln. Brawijaya No. 61 Jember. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan sejak tanggal 1 juli – 1 September 2012. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian deskriptif, responden dalam penelitian ini adalah pemohon yang sudah melakukan pengujian kendaraan bermotor di UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Jember. Penentuan sampel, dilakukan dengan sampling insidental. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh UPT Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Jember menunjukan nilai servQual -2,8 yang dapat dikategorikan dalam kualitas pelayanan yang tidak baik.
URI: http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11996
Appears in Collections:UT-Faculty of Social and Political Sciences

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Ayu Retno Wulandari - 070910291055_1.pdf99.73 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools