Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119917
Title: | Pengembangan Buku Ajar Berbasis Augmented Reality Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP |
Authors: | NADYA, Aprilia Lulita Hidayat |
Keywords: | Augmented Reality Buku Ajar Keterampilan Berpikir Kritis |
Issue Date: | 12-Jan-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Era Society 5.0 menuntut masyarakat mengatasi permasalahan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Augmented Reality, salah satu teknologi informasi yang digunakan di bidang pendidikan, menghadirkan objek virtual dan objek nyata dalam format tiga dimensi, memungkinkan terjadinya observasi, interaksi, dan keterlibatan pendengaran. Materi kalor dan perpindahan dapat disimulasikan dan diterapkan dalam bentuk objek 3D dan animasi, memudahkan interaksi siswa secara langsung serta memberikan pengalaman belajar yang menarik dan khas. Tujuan penelitian ini adalah membuat buku ajar berbasis Augmented Reality pada materi kalor dan perpindahan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi langkah-langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil tersebut, buku teks berbasis Augmented Reality sangat valid, praktis, dan efektif dalam menunjukkan persentase keterampilan berpikir kritis siswa SMP, dengan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa rata-rata sebesar 89%. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119917 |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Repository Skripsi_Aprilia Lulita Nadya Hidayat_200210104104.pdf Until 2028-12-31 | 947.87 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools