Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119917
Title: Pengembangan Buku Ajar Berbasis Augmented Reality Materi Kalor dan Perpindahannya untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Authors: NADYA, Aprilia Lulita Hidayat
Keywords: Augmented Reality
Buku Ajar
Keterampilan Berpikir Kritis
Issue Date: 12-Jan-2024
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Era Society 5.0 menuntut masyarakat mengatasi permasalahan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Augmented Reality, salah satu teknologi informasi yang digunakan di bidang pendidikan, menghadirkan objek virtual dan objek nyata dalam format tiga dimensi, memungkinkan terjadinya observasi, interaksi, dan keterlibatan pendengaran. Materi kalor dan perpindahan dapat disimulasikan dan diterapkan dalam bentuk objek 3D dan animasi, memudahkan interaksi siswa secara langsung serta memberikan pengalaman belajar yang menarik dan khas. Tujuan penelitian ini adalah membuat buku ajar berbasis Augmented Reality pada materi kalor dan perpindahan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi langkah-langkah yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Berdasarkan hasil tersebut, buku teks berbasis Augmented Reality sangat valid, praktis, dan efektif dalam menunjukkan persentase keterampilan berpikir kritis siswa SMP, dengan tingkat keterampilan berpikir kritis siswa rata-rata sebesar 89%.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119917
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Repository Skripsi_Aprilia Lulita Nadya Hidayat_200210104104.pdf
  Until 2028-12-31
947.87 kBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools