Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119863
Title: Pengembangan Tes Literasi Tema Pertanian Tembakau Puger Jember Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas
Authors: WAHDANA, Akfi Hikmah
Keywords: Kemampuan literasi matematis
partial credit model
Aljabar
Issue Date: 30-Jan-2024
Publisher: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kemampuan literasi matematis menuntut seseorang untuk memahami, menganalisis, menginterpretasikan, mengevaluasi, dan mensintesis pengetahuan yang didapatkan dari masalah yang di hadapi memodelkan menjadi solusi yang tepat dalam menyelesaikan suatu masalah secara efektif. Perlunya pengembangan soal sesuai dengan permasalahan sehari-hari oleh siswa dapat membiasakan siswa berliterasi matematis. Penelitian mengembangkan soal tes literasi matematis tema pertanian tembakau di daerah Puger Jember untuk mengukur kemampuan literasi matematis siswa pada jenjang SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) mengggunakan model Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu pendefinisian, perencanaan, dan pengembangan. Hasil uji coba lapangan dianalisis dengan perangkat lunak Ministep dengan pemodelan rasch menggunakan metode Partial Credit Model (PCM). Diperoleh hasil sepuluh soal yang dikembangkan dapat dikatakan fit, dengan reliabititas 139 interaksi antara siswa dan butir soal kualitasnya masih buruk, 75 siswa interaksi antara siswa dan butir soal kualitasnya baik. Item reability dari soal literasi yang dikembangkan sebesar 0,80 pada 75 sampel pertama 0,95 pada 75 sampel selanjutnya dan 0,89 pada 64 sampel terakhir menunjukkan soal yang dikembangkan bagus dan mampu mengukur kemampuan peserta didik dengan baik.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119863
Appears in Collections:MT-Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
repository.pdf
  Until 2028-01-02
1.68 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.