Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119862
Title: | Profil Kesalahan Konstruksi Konsep Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan Bernuansa Pertanian Berdasarkan Teori APOS |
Authors: | TILAWAH, Hilwatut |
Keywords: | kesalahan konstruksi konsep matematika pola bilangan bernuansa pertanian teori APOS |
Issue Date: | 19-Jan-2024 |
Publisher: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Abstract: | Pemahaman konsep matematika masih belum sepenuhnya tertanam dalam skema siswa, hal ini berarti terjadi kesalahan dalam mengkonstruksi konsep tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keadaan sebenarnya mengenai kesalahan konstruksi semu yang terjadi pada tahapan APOS (Aksi, Proses, Objek, dan Skema). Penelitian ini melibatkan 28 siswa kelas VIII A SMPN 2 Silo Jember sebagai subjek melalui tes pemecahan masalah untuk mendapatkan informasi komprehensif tentang kesalahan yang terjadi. Kemudian dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, dipilih dua subjek untuk dieksplorasi secara mendalam melalui wawancara. Validasi data dijamin melalui proses member check. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah terjadi kesalahan konstruksi konsep matematika pada setiap tahapan APOS yang mengakibatkan konsep tidak terkonstruksi secara utuh dalam skema siswa. Sebagai rekomendasi, perlu dikembangkan model pembelajaran matematika berbasis teori APOS untuk meminimalkan kesalahan agar konsep-konsep dapat terkonstruksi dengan baik dan lengkap dalam skema siswa. |
URI: | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119862 |
Appears in Collections: | MT-Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
Tesis Hilwatut Tilawah_220220101008_Watermark.pdf Until 2029-01-30 | 2.33 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.