Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119452
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | RAKHMADINA, Arfinda | - |
dc.date.accessioned | 2024-01-12T07:35:06Z | - |
dc.date.available | 2024-01-12T07:35:06Z | - |
dc.date.issued | 2023-11-17 | - |
dc.identifier.nim | 190210101008 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119452 | - |
dc.description | validasi_repo_firli_januari_2024_11 Finalisasi unggah file repositori tanggal 12 Januari 2024_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan numerasi ialah kemampuan memperoleh, menggunakan, menggambarkan dan mengomunikasikan ide matematika untuk menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Hasil PISA tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Melihat kondisi tersebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai memberlakukan kurikulum merdeka belajar. Salah satu program dari kurikulum merdeka belajar ini adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pelaksanaan AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimiliki siswa. Pengembangan soal tes numerasi statistika konteks sosial budaya berbantuan Moodle untuk kelas 11 SMA melalui serangkaian tahapan mulai dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Tahap pertama adalah pendefinisan yang bertujuan untuk mendefiniskan permasalahan dan untuk mengetahui kebutuhan serta syaratsyarat pembelajaran. Tahap kedua adalah perancangan yang bertujuan untuk merancang bentuk dasar soal numerasi beserta instrumen-instrumen yang akan digunakan dalam penelitian. Hasil dari tahap perancangan disebut dengan prototipe 1. Tahap ketiga adalah pengembangan yang bertujuan untuk menyempurnakan prototipe 1 sebelum akhirnya menjadi produk final. Kegiatan yang dilakukan adalah validasi ahli dan uji coba produk yang terdiri dari dua tahapan. Pertama, uji coba terbatas untuk menguji keterbacaan butir soal. Kedua, uji coba lapangan untuk mengetahui tingkat reliabilitas, kepraktisan, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal numerasi berbantuan Moodle. Tahap keempat adalah penyebaran bertujuan untuk menyebarluaskan soal berbantuan Moodle yang telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis. Soal numerasi akan disusun berdasarkan konten, konteks, dan level kognitif yang sudah ditetapkan. Konten yang dipilih adalah data dan ketidakpastian dengan subdomain statistika, konteks yang dipilih adalah sosial budaya, dan level kognitif yang ada pada soal sesuai dengan yang terdapat pada AK yairu knowing, applying, dan reasoning. Produk yang dihasilkan berupa soal tes numerasi statistika yang terdiri dari 15 butir soal dengan 4 soal pilihan ganda, 5 soal pilihan ganda kompleks, 2 soal menjodohkan, dan 4 soal uraian. Soal tes ini memuat 3 level kognitif knowing, 8 level kognitif applying, dan 4 level kognitif reasoning. Produk yang dikembangkan dilengkapi dengan kisi-kisi, soal tes, alternatif jawaban, dan pedoman penskoran. Hasil pengembangan diperoleh bahwa soal tes numerasi berbantuan Moodle dinyatakan valid oleh validator dengan skor 3,85 yang berada pada interval . Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai 0,781 atau tergolong kategori tingkat reliabilitas tinggi. Hasil analisis daya pembeda menunjukkan bahwa 14 soal memiliki daya pembeda sangat baik dan 1 soal memiliki daya pembeda baik. Tingkat kesukaran setiap butir soal berbeda-beda yaitu 7 soal dengan kategori sulit, 6 soal dengan kategori sedang, dan 2 soal dengan kategori mudah. Hasil uji kepraktisan diperoleh nilai kepraktisan sebesar 77,64%. Nilai tersebut berada pada interval atau jika diinterpretasikan tergolong dalam kategori praktis. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. Dosen Pembimbing anggota : Robiatul Adawiyah, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Asesmen Kompetensi Minimum | en_US |
dc.subject | Konteks Sosial | en_US |
dc.subject | Moodle | en_US |
dc.subject | Statistika | en_US |
dc.title | Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Materi Statistika Konteks Sosial Berbantuan Moodle | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Robiatul Adawiyah, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_januari_2024_11 | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
ARFINDA RAKHMADINA_SKRIPSI_190210101008.pdf Until 2028-01-11 | 883.83 kB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools