Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119299
Title: Pengaruh Penggunaan ZPT Alami dan Pemberian Naungan Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tembakau Samporis (Nicotiana tabacum)
Other Titles: Pengaruh Penggunaan ZPT Alami dan Pemberian Naungan Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tembakau Samporis (Nicotiana tabacum)
Authors: Hidayat, Rahmat
Keywords: ZPT alami
Pertumbuhan tembakau samporis
Issue Date: 16-Oct-2023
Publisher: Fakultas Pertanian
Abstract: Tanaman Tembakau adalah Tanaman yang masuk ke dalam jenis tanaman perkebunan semusim yang cukup banyak tersebar di seluruh Indonesia khususnya pulau Jawa. Menurut Sofie Adie. (2021) kepala bidang perkebunan dinas pertanian Kab. Bondowoso mengatakan bahwa tanaman tembakau samporis yang ada di Kab. Bondowoso tahun 2020 mengalami penurunan akibat evaporasi dan transpirasi pada tanaman tembakau yang mengakibatkan hormon pertumbuhan pada tanaman rusak. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui interaksi pengaruh pemberian ZPT alami dan pemberian naungan terhadap pertumbuhan dan hasil pada tanaman tembakau samporis. Rancangan dilakukan secara faktorial dengan menggunakan Rancangan Petak Terbagi dengan pola dasar RAL yang terdiri dari 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor I sebagai petak utama (main plot) yaitu perlakuan penggunaan naungan dan Faktor II sebagai sub petak yaitu pemberian berbagai ZPT alami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat interaksi antara pemberian naungan dan ZPT alami pada seluruh variabel pengamatan (2) Pemberian naungan berpengaruh sangat nyata terhadap seluruh variabel pengamatan (3) Pemberian ZPT alami berpengaruh sangat nyata terhadap seluruh variabel.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119299
Appears in Collections:UT-Faculty of Agriculture

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
RAHMAT HIDAYAT_191510801006_SEKRIPSI.pdf
  Until 2027-01-01
penelitian1.7 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools