Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119272
Title: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Self-regulated Learning
Authors: MUFIDAH, Khusnatul
Keywords: kemampuan pemecahan masalah
APOS
self-regulated learning
Issue Date: 24-Jul-2023
Publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Abstract: Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan teori APOS ditinjau dari self-regulated learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripstif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX akselerasi SMPN 1 Krian yang dipilih sebanyak 3 siswa untuk mewakili masing-masing kategori self-regulated learning. Instrumen yang digunakan adalah adalah angket self-regulated learning, soal tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa subjek dengan self-regulated learning rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis sedang hanya dapat melalui tahapan teori APOS hingga tahap proses, subjek dengan self-regulated learning sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi mampu melalui seluruh tahapan teori APOS, dan subjek dengan self-regulated learning tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi mampu melalui seluruh tahapan teori APOS.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119272
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI KHUSNATUL MUFIDAH PENDIDIKAN MATEMATIKA.pdf
  Until 2028-07-24
4.37 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools