Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119198
Title: Representasi Budaya Modern dalam Novel Mariposa Karya Luluk H.F dan Film Mariposa Karya Fajar Bustomi: Kajian Ekranisasi
Authors: RADIYANTI, Nia
Keywords: NOVEL MARIPOSA
Issue Date: 29-Jul-2023
Publisher: Fakultas Ilmu Budaya
Abstract: Novel Mariposa karya Luluk HF merupakan novel yang telah diadaptasi kedalam bentuk film. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi selama proses pelayarputihan dari novel ke film dengan kajian ekranisasi. Berdasarkan hasil analisis struttural, novel Mariposa memiliki tema tentang perjuangan dan pengorbanan seseorang untuk mendapatkan perhatian dari pujaan hatinya. Terdapat beberapa perubahan ketika mengalami proses ekranisasi yaitu penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. Selain itu, pada novel dan film Mariposa sama-sama memberi gambaran tentang budaya modern dalam alur penceritaannya.
Description: Hasil penelitian berisi pembahasan mengenai representasi budaya moderen yang terdapat pada film dan novel Mariposa. dilakukan analisis struktural untuk mengetahuo unsur intrinsik pada novel yang meliputi; tema, tokoh dan penokohan, alur, konflik, latar atau setting. Penelitian ini juga membahas kajian ekranisasi yang meliputi; penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi.
URI: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119198
Appears in Collections:Diploma Programme - Faculty of Culture



Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.