Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119048
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFEBRIANTI, Rania-
dc.date.accessioned2023-12-11T07:39:46Z-
dc.date.available2023-12-11T07:39:46Z-
dc.date.issued2023-06-08-
dc.identifier.nim210820101010en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/119048-
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_oktober_2023_03 Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Desember 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractLingkungan bisnis yang ketat dan sangat dinamis menuntut UMKM untuk terus dapat menemukan ide baru dan menciptakan inovasi produk untuk memenangkan pasar. Komponen orientasi strategis yang terdiri dari orientasi pasar, orientasi teknologi dan orientasi kewirausahaan dapat merangsang lahirnya inovasi produk sehingga UMKM dapat meningkatkan kinerja pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membahas pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan inovasi produk sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM di wilayah sentra perikanan Kabupaten Jember. Metode pengambilan sampel adalah sampling jenuh yang dilakukan pada 63 UMKM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara terstuktur dengan bantuan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen orientasi strategis secara parsial berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk, namun hanya orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk memediasi pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadapa kinerja pemasaran, namun tidak dapat memediasi pengaruh orientasi teknologi terhadap kinerja pemasaran.en_US
dc.description.sponsorshipDr.Imam Suroso, S.E., M.Si. Dr.Mochammad Farid Afandi S.E., M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectOrientasi Pasaren_US
dc.subjectOrientasi Teknologien_US
dc.subjectOrientasi Kewirausahaanen_US
dc.subjectInovasi Produken_US
dc.subjectKinerja Pemasaranen_US
dc.titleDeterminan Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk pada UMKM di Wilayah Sentra Perikanan Kabupaten Jemberen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Manajemenen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Imam Suroso, S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr.Mochammad Farid Afandi S.E., M.Si.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_oktober_2023_03en_US
Appears in Collections:MT-Management

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Rania Febrianti_210820101010.pdf
  Until 2028-12-26
1.79 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.