Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/11898
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorAnisatul Farida-
dc.date.accessioned2013-12-24T02:27:07Z-
dc.date.available2013-12-24T02:27:07Z-
dc.date.issued2013-12-24-
dc.identifier.nimNIM070210192132-
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11898-
dc.description.abstractFisika berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis sehingga pembelajaran fisika bukan hanya untuk penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta, konsep atau prinsip saja melainkan juga merupakan suatu proses penemuan, sehingga siswa dituntut untuk dapat berfikir kritis dan kreatif. Pelajaran fisika bukanlah pelajaran hafalan melainkan lebih menuntut pemahaman konsep bahkan aplikasi konsep tersebut. Penguasaan konsep fisika diperlukan untuk dapat memecahkan seluruh permasalahan fisika baik permasalahan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bentuk soal. Cara belajar yang baik bagi siswa untuk mempelajari fisika adalah dengan menghadapkan siswa pada masalah yang dapat menggugah pikirannya, merangsang kebiasaan berpikir, mengeluarkan gagasan, dan melakukan tindakan yang berhubungan dengan pemecahan masalah terkait dengan isu-isu sains dan teknologi yang ada di masyarakat dan lingkungan sekitar siswa. Salah satu usaha untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran fisika adalah dengan dikembangkannya berbagai model pembelajaran. Salah satunya yaitu model problem solving dengan metode snowball throwing yang merupakan salah satu modifikasi dari teknik bertanya yang menitikberatkan pada kemampuan merumuskan pertanyaan/masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem solving dengan metode snowball throwing terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA fisika di kelas VII SMP Negeri 7 Jember, (2) Untuk mengkaji model pembelajaran Problem Solving dengan metode Snowball Throwing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA fisika di kelas VII SMP Negeri 7 Jember, (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Problem Solving dengan metode Snowball Throwing terhadap retensi hasil belajar IPA fisika di kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas VII SMP Negeri 7 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan pengembangan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase aktivitas belajar siswa untuk menjawab rumusan masalah pertama, uji paired samples t test untuk menjawab rumusan masalah yang kedua, dan menggunakan persentase retensi hasil belajar untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 77,8% dan termasuk pada kriteria aktif. Hasil analisis data menggunakan uji paired samples t test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 atau < 0,05 jika dikonsultasikan dengan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran model problem solving dengan metode snowball throwing terhadap hasil belajar IPA fisika siswa (Ha diterima dan ditolak) Hasil analisis retensi hasil belajar diperoleh persentase retensi hasil belajar IPA fisika siswa di kelas VII A sebesar 89,9% dan tergolong kuat. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Aktivitas belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember selama mengikuti pembelajaran fisika menggunakan Model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing termasuk dalam kriteria aktif. 2) Ada pengaruh signifikan model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPA fisika di SMP 3) Retensi hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 7 Jember dalam pembelajaran fisika menggunakan Model Problem Solving dengan metode Snowball Throwing termasuk dalam kategori kuat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210192132;-
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVINGen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN METODE SNOWBALL TRHOWING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMPen_US
dc.typeOtheren_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
Anisatul Farida - 070210192132_1.pdf737.79 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools