Please use this identifier to cite or link to this item: https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118925
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorANGGRAINI, Nuraini Sofiana-
dc.date.accessioned2023-12-04T21:58:32Z-
dc.date.available2023-12-04T21:58:32Z-
dc.date.issued2023-06-13-
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118925-
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl.5 Desember 2023en_US
dc.description.abstractBerpikir kritis adalah berpikir yang memiliki tujuan untuk membuktikan sesuatu, menafsirkan makna sesuatu, dan memecahkan masalah (Facione, 2015). Dalam pembelajaran sejarah banyak sekali nilai-nilai yang terkandung dalam materi untuk dapat mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Dalam proses berpikir kritis ada beberapa aspek yang mendorongnya, salah satunya adalah gaya belajar. Gaya belajar adalah cara seseorang dalam menangkap dan memahami informasi yang diperoleh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa SMA dalam memecahkan masalah sejarah ditinjau dari gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Proses berpikir kritis siswa akan diklasifikasikan atau diidentifikasi berdasarkan gaya belajar mereka. Sehingga dalam penelitian ini akan dideskripsikan profil siswa dalam proses berpikir kritis, sebagai langkah klasifikasi atau identifikasi. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian eksploratif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Jember, dengan mata pelajaran terdiri dari 1 gaya belajar masing-masing. Variabel penelitian yang digunakan adalah enam tahapan berpikir kritis Facione (2011), dan 7 tahapan pemecahan masalah Wilson (2018).en_US
dc.description.sponsorshipDr. Nurul Umamah, M.Pd Dr. Sumardi, M.Humen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPROFILen_US
dc.subjectSISTEM BELAJARen_US
dc.titleProfil Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Sejarah ditinjau dari Gaya Belajar V-A-Ken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_nopember_2023_1en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US
Appears in Collections:UT-Faculty of Teacher Training and Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
JURNAL UNEJ NURAINI SOFIANA.pdf
  Until 2028-06-13
1.71 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

Admin Tools