Please use this identifier to cite or link to this item:
https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118915
Full metadata record
DC Field | Value | Language |
---|---|---|
dc.contributor.author | LESTARI, Indah Suci Bunga | - |
dc.date.accessioned | 2023-12-04T13:36:01Z | - |
dc.date.available | 2023-12-04T13:36:01Z | - |
dc.date.issued | 2023-06 | - |
dc.identifier.nim | 160210302084 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118915 | - |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl.4 Desember 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Mata pelajaran Sejarah yang termuat pada kurikulum Merdeka disusun guna memberikan bekal keterampilan berpikir sejarah dan membentuk kemampuan historycal analysis peserta didik melalui cara mengaitkan peristiwa sejarah nasional dan lokal dalam rangkaian pembelajaran Sejarah Indonesia. Pada penerapan kurikulum merdeka, posisi mata pelajaran sejarah menekankan pada kemampuan berpikir sejarah salah satunya historycal analysis yang merupakan kemampuan tingkat tinggi. Guna mewujudkan hal itu, dapat dilakukan melalui beberapa cara salah satunya yaitu pembelajaran sejarah Indonesia yang terintegrasi dengan sejarah lokal yang terdapat di daerah tempat tinggal peserta didik. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan pada tiga sekolah di Kabupaten Jember yakni SMAN Balung, SMAN Arjasa dan SMAN 2 Jember menunjukkan bahwa adanya beberapa permasalahan. Permasalahan tersebut adalah kurangnya wawasan peserta didik terhadap materi sejarah lokal yang terdapat di lingkungan tempat tinggalnya hal tersebut menyebabkan tingkat kemampuan berpikir sejarah berupa Historycal analysis peserta didik rendah. Hal ini tak lepas dari faktor lain yaitu kurangnya sumber belajar berupa buku atau bahan ajar yang berbasis sejarah lokal masih belum banyak ketersediaannya. Berdasarkan permasalahan yang telah disebutkan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah hasil validasi ahli terhada p pengembangan e-modul pembelajaran sejarah lokal budaya megalitik di Situs Kamal berbasis Inquiry menggunakan model Borg and Gall pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA ?; dan (2) Bagaimanakah e-modul pembelajaran sejarah lokal kebudayaan megalitik Situs Kamal berbasis Inquiry dengan menggunakan model Borg and Gall pada mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan kemampuan historycal analysis bagi peserta didik kelas X SMA? Adapun tujuan dari penelitian ini diantaranya sebagai berikut: (1) Menghasilkan produk e-modul pembelajaran sejarah lokal kebudayaan megalitik yang tervalidasi dan layak digunakan; (2)Melaui pengembangan e-modul kebudayaan megalitik di Situs Kama diharapkan dapat meningkatkan kemampuan historical analysis peserta didik pada mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X. Model Borg and Gall termuat tahapan-tahapan sistematis yang dijadikan acuan oleh peneliti sehingga produk yang dikembangkan memiliki standar kelayakan. Adapun tahapan yang dikemukakan oleh Borg and Gall (1983), yakni sebagai berikut: (1) Research and informating; (2) Planning; (3) Developpreliminary form of product; (4) Preliminary field testing; (5) Main product revision; (6) Main field testing; (7) Operation product revision; (8) Operation field testing; (9) Final product revision; (10) Dissemination and implementation. Adapun pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan beberapa teknik, yaitu 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket dan 4) tes. Subjek penelitian dalam lingkup kelompok kecil yang dilakukan di kelas X.6 SMAN 2 Jember. Pengembangan e-modul berbasis Inquiry telah tervalidasi oleh ahli validasi isi materi, bahasa dan ahli desain pembelajaran dan dikategorikan layak untuk dipergunakan berdasarkan kriteria kelayakan produk. Berdasarkan tahap uji coba lapangan yang melibatkan 28 peserta didik menunjukkan nilai rata-rata pres test 50% (Std 11,4) dan nilai rata-rata post test menunjukkan nilai 79,28% (Std 7,37) ) nilai rata-rata post test lebih besar dibandingkan dengan nilai pre-test, Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan kemampuan Historycal Analysis dan dikategorikan sangat tinggi berdasarkan kriteria historycal analysis. Hasil uji Paired Correlations menunjukkan nilai signifikansi 0,004 lebih besar dari 0,05. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Dr. Mohammad Na’im, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Kayan Swastika, M.Si | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | SITUS KAMAL | en_US |
dc.subject | E-MODUL KEBUDAYAAN MEGALITIK | en_US |
dc.subject | HISTORICAL ANALYSIS | en_US |
dc.subject | INQUIRY | en_US |
dc.title | Pengembangan E-Modul Kebudayaan Megalitik di Situs Kamal Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Historical Analysis Kelas X SMA Menggunakan Model Borg and Gall | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Sejarah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Mohammad Na’im, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Kayan Swastika, M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 13 Oktober 2023 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |
Appears in Collections: | UT-Faculty of Teacher Training and Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI INDAH REPOSITORY.pdf Until 2028-10-13 | 2.46 MB | Adobe PDF | View/Open Request a copy |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.
Admin Tools